Categories
Uncategorized

Cara Membuat Bakso Bakar Ayam untuk Jualan yang Dijamin Enak

Hai sobat, kali ini saya akan menunjukkan resep makanan yang cocok sekali untuk dijadikan peluang usaha sobat semua. Resep makanan tersebut adalah resep cara membuat bakso bakar ayam untuk jualan yang dijamin enak nih sobat.

Sobat semua, siapa sih yang ga tahu bakso bakar? Pasti familiar sekali dong nama bakso bakar ini. Bakso bakar adalah makanan bakso pada umunya, namun proses pengolahannya dengan cara dibakar.

Makanan ini berasal dari Kota Malang dan menjadi makanan khas dari Kota Pelajar ini. Karena rasa dari bakso bakar yang khas dan juga lezat, makanan ini sangat digemari dan diminati oleh masyarakat Indonesia. Nah, karena banyak penggemar dan peminatnya nih sobat, bakso bakar ini cocok untuk jualan sobat semua.

Selain itu, bakso bakar juga cocok sekali untuk dinikmati saat bersantai dan berkumpul bersama keluarga, hidangan untuk menjamu tamu, takjil berbuka puasa, dan cocok untuk acara yang lainnya.

Bakso bakar juga mudah sekali dalam membuatnya, baik dari segi bahan-bahan yang dibutuhkan maupun dari segi cara pembuatannya.

Cara Membuat Bakso Bakar Ayam Untuk Jualan

Dalam membuat bakso bakar ayam ada yang menggunakan arang untuk membakar dan ada juga yang menggunakan pan gril. Jika menggunakan arang rasanya akan khas rasa bakaran. Namun untuk mempersiapkan arang butuh waktu yang sedikit lama.

Jika menggunakan pangrill akan membutuhkan waktu yang lebih cepat namun rasanya akan berbeda dengan yang menggunakan arang.

Bahan-bahan:

  • 250 gr Ayam Fillet
  • 1 sendok makan Bawang Merah Goreng
  • 1 sendok makan Bawang Putih Goreng
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 10 balok es batu kecil
  • 6 sendok tepung sagu tani
  • 1 butih putih telur
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan garam

Bahan Bumbu Bakar:

  • 3 sendok makan saus BBQ
  • 2 Sendok makan saus sambal
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok kecap manis
  • 3 sendok makan margarin

Cara Membuat Bakso Bakar Ayam:

  1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan Food Procesor atau mesin pembuat bakso
  2. Masukan ayam, gula, bawang2an, garam, kaldu bubuk, merica, putih telor, baking soda dan es batu ke dalam foor processor atau mesin pembuat bakso, giling hingga halus
  3. Setelah halus masukkan tepung sagu, giling lagi hingga tercampur rata, kurang lebih 10 min
  4. Siapkan panci dan rebus air hingga mendidih dan matikan.
  5. Bentuk bakso menjadi bulat-bulat seperti bakso pada umunya, boleh menggunakan tangan dan sendok atau boleh 2 sendok. Sebaiknya ukuran lebih kecil dari bakso sapi yang untuk bakso kuah, bentuk hingga adonan habis
  6. Nyalakan kompor rebus hingga mengapung ke atas dan gunakan api kecil, jika sudah mengapung angkat dan tiriskan
  7. Panaskan wajan, cairkan 3 sendok makan margarin, masukkan semua bahan bumbu dan tambahkan 2 sendok makan air, rebus dengab api kecil hingga meletup letup, matikan kompor
  8. Tusuk bakso jumlah sesuai selera ya sobat
  9. Olesi dengan bumbu bakar hingga merata
  10. Siapkan teflon grill dan pastikan bener bener panas, kecilkan api dan panggang hingga kecoklatan, balik olesi bumbu dan balik lagi hingga matang merata.
  11. Angkat jika sudah matang.
  12. Sajikan dan nikmati bakso bakar ayam selagi hangat.

Note: Bagi sobat semua yang penggemar pedas, bisa ditambahkan cabai bubuk pada bumbu bakarannya. Akan lebih nikmat jika rasa bakso bakar pedas, tapi untuk anak-anak jangan gunakan cabai bubuk.

Sekian penjelasan tentang cara membuat bakso bakar ayam untuk jualan yang enak, semoga dapat menambah wawasan sobat semua tentang kuliner ini dan dapat dibagikan ke saudara dan teman-teman sobat semua. Terimakasih dan selamat mencoba.

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Pentol tanpa daging yang Cocok Dijadikan Usaha

Halo sobat semua, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan resep makanan yang enak dan lezat pastinya. Resep makanan itu adalah resep cara membuat pentol tanpa daging yang cocok dijadikan usaha sobat semua.

Pentol adalah makanan atau jajanan yang terbuat dari olahan daging, tepung, dan bahan-bahan lainnya. Biasanya pentol berbahan dasar bisa daging sapi, daging ayam, dan daging ikan.

Namun kali ini, pentol yang akan dibuat adalah pentol tanpa daging yang dapat dijadikan peluang usaha. Karena tanpa daging, jadi usaha pentol ini bisa jadi membutuhkan modal yang sedikit dan berbuah keuntungan yang banyak.

Kok tanpa daging? Apa bedanya pentol tanpa daging dengan cilok? Menurut resepnya, bahan-bahan yang digunakan, hingga cara membuatnya pun sama. Jadi pentol tanpa daging dengan cilok bisa dikatakan sama namun yang membedakan hanya namanya saja.

Selain dijadikan usaha, pentol tanpa daging ini juga cocok untuk dijadikan camilan saat berkumpul bersama keluarga di rumah, dijadikan takjil saat puasa, dijadikan camilan saat mengerjakan tugas, dan cocok untuk acara-acara yang lainnya.

Karena pentol ini tanpa daging, cara membuatnya juga mudah dan sederhana sekali. Tidak perlu menghaluskan daging atau mencincang daging lagi. Cukup mencampurkan tepung tapioka dengan bahan-bahan membuat pentol lainnya.

Pentol tanpa daging ini juga beragam cara penyajiannya, ada yang disajikan dengan kuah kaldu yang lezat, ada yang disajikan dengan digoreng, dan ada juga yang disajikan hangat-hangat setelah direbus bersama dengan cocolan saus sambal.

Pasti nikmat sekali kan pentol tanpa daginyanya? Nah dari pada penasaran bagaimana membuatnya dan bagaimana rasanya, Yuk langsung saja sobat semua pergi ke dapur dan membuat sesuai resep cara membuat pentol tanpa daging di bawah ini.

Cara Membuat Pentol Tanpa Daging

Cara membuat pentol tanpa daging ini sangat mudah kok sobat, bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah sekali untuk didapatkan. Tinggal pergi kepasar sudah ada semua deh bahan-bahan untuk membuat pentol tanpa dagingnya. Selamat mencoba sobat semua.

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 250 gram tepung tapioka
  • 6 siung bawang putih (dihaluskan/cacah)
  • Daun bawang secukupnya (cacah)
  • Seledri seukupnya(cacah)
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Penyedap (optional)
  • 1 sdm minyak goreng
  • Secukupnya air hangat

Cara Membuat Pentol Tanpa Daging:

  1. Siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan.
  2. Campur bawang putih, garam, gula, penyedap, dan daun bawang dg sedikit air hangat di dalam baskom. Bagi sobat semua yang suka pedas bisa tambahkan merica bubuk atau irisan kecil-kecil cabai rawit.
  3. Kemudian tuang tepung terigu dan tepung tapioka ke dalam campuran sambil diaduk-aduk hingga merata.
  4. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan dapat dibentuk menjadi bulatan atau sampai kalis.
  5. Setelah adonan jadi, tuang 1 sdm minyak goreng kmdn aduk lagi hingga merata.
  6. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat, bisa menggunakan tangan.
  7. Panaskan air di panci, tambahkan sedikit minyak goreng ke dalam air. Setelah mendidih kecilkan api dan masukkan bulatan adonan pentol.
  8. Pentol yang sudah mengambang tandanya sudah matang, angkat dan tiriskan.
  9. Sajikan pentol tanpa daging selagi hangat. Lebih nikmat jika disajikan dengan saus sambal.

Note: Jika sobat semua ingin membuat pentol tanpa daging ini dalam jumlah yang banyak, sobat semua dapat menggunakan mesin pembuat bakso agar lebih cepat, mudah, dan praktis tentunya.

Sekian penjelasan tentang cara membuat pentol tanpa daging yang enak dan cocok dijadikan usaha sobat semua, semoga dapat menambah wawasan sobat semua tentang kuliner ini dan dapat dibagikan ke saudara dan teman-teman sobat semua. Terimakasih dan selamat mencoba.

 

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Bakso Sapi dengan Blender yang Mudah Dibuat

Halo sobat semua, kali ini saya akan membagikan resep bakso sapi yang dijamin mudah sekali untuk sobat semua coba di rumah. Namun, resep bakso sapi kali ini sedikit berbeda karena cara membuat bakso sapi dengan blender.

Bakso sapi merupakan makanan yang sangat terkenal dan menjadi makanan khas di Indonesia. Bakso sapi terbuat dari bahan dasar daging sapi yang dicampur dengan tepung tapioka dan bahan-bahan membuat bakso yang lainnya.

Dari olahan bahan-bahan bakso daging sapi itu menghasilkan rasa yang tiada tanding enaknya. Rasanya enak, lezat, dan menggugah selera sobat semua pastinya.

Bakso sapi ini juga biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang gurih, mie, tahu, sayur-sayuran, dan tidak lupa di atasnya ditaburi bawang goreng yang menambah rasa yang nikmat dari bakso sapi ini.

Selain rasanya yang nikmat, bakso sapi ini juga memiliki manfaat apabila cara memasak dan komposisi bahan-bahannya seimbang loh sobat. Karena bakso sapi terbuat dari daging sapi, maka mengandung manfaat dan gizi yang baik untuk tubuh.

Manfaat dan gizi dari daging sapi, seperti mengandung protein yang tinggi, mengandung vitamin B12, Mengandung zat besi, mengandung fosforr yang baik untuk pertumbuhan, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, daging sapi juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, mempercepat penyembuhan luka, membantu fungsi jantung, meningkatkan massa otot, mencegah anemia, dan manfaat yang baik untuk tubuh lainnya.

Nah, banyak sekali bukan manfaat dan gizi yang dihasilkan apabila kita mengkonsumsi daging sapi. Dari pada lama-lama, yuk langsung saja kita intip bagaimana cara membuat bakso sapi meenggunakan blender yang mudah sekali untuk sobat semua coba di rumah.

Cara Membuat Bakso Sapi dengan Blender

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging sapi segar (iris tipis)
  • 1 sendok makan garam kasar
  • ½ sendok teh poly powder
  • 50 gram putih telur
  • 225 gram es serut
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh penyedap rasa
  • 1 siung bawang putih dihaluskan
  • ½ sendok makan bawang putih goreng
  • ½ sendok makan bawang merah goreng
  • 100 gram tepung sagu aren

Bahan Kuah Bakso Sapi:

  • 1 kg tulang sapi
  • 5 liter air
  • 5 tangkai seledri, diikat
  • 4 batang daun bawang, diikat
  • 10 siung bawang putih, digoreng utuh, memarkan
  • 3 sendok makan garam
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh penyedap rasa
  • 50 gram bawang merah goreng

Bahan Pelengkap:

  • 600 gram bihun seduh
  • 600 gram mi telur
  • 5 tangkai seledri, iris
  • 5 sendok makan bawang merah goreng
  • 3 liter kuah bakso
  • 1 resep sambal bakso

Cara Membuat Bakso Sapi:

  1. Masukkan daging sapi, bawang putih goreng, dan garam ke dalam food prosesor atau blender. Kemudian giling hingga sedikit lembut.
  2. Tambahkan poly powder, putih telur, es serut, penyedap rasa, bawang putih, merica bubuk, bawang putih goreng, dan bawang merah goreng. Giling hingga halus.
  3. Tambahkan tepung sagu, giling hingga merata dan kalis.
  4. Siapkan panci dan panaskan air hingga mendidih, lalu kecilkan api
  5. Bentuk adonan mejadi bulat-bulat. Lalu masukkan ke dalam air mendidih.
  6. Rebus bakso hingga matang atau mengapung ke atas. Tiriskan.
  7. Cara Membuat Kuah Bakso Sapi:
  8. Rebus tulang sapi dan tambahkan seledri dan daun bawang, rebus di atas api kecil sampai berkaldu. Saring.
  9. Masukkan bawang putih goreng, garam, merica bubuk, gula pasir, dan penyedap rasa. Masak sampai mendidih.
  10. Tambahkan bawang merah goreng yang sudah diremas-remas. Aduk rata.
  11. Sobat juga bisa menambahkan daging tetelan atau lemak ke dalam kuah agar lebih gurih.
  12. Sajikan bakso sapi dengan kuah bakso selagi panas.

Tips:

  1. Celupkan sendok untuk membentuk bakso ke dalam air agar adonan tidak lengket saat disendokkan.
  2. Jika sobat semua ingin membuat dalam jumlah porsi banyak, dapat menggunakan mesin pembuat bakso agar lebih mudah, cepat, dan praktis.

Sekian penjelasan tentang cara membuat bakso sapi dengan blender, semoga dapat menambah wawasan sobat semua tentang kuliner ini dan dapat dibagikan ke saudara dan teman-teman sobat semua. Terimakasih dan selamat mencoba.

Categories
Uncategorized

Begini Ternyata, Cara Bikin Nugget Pisang Crispy

Selamat pagi teman teman, disini saya akan membagikan cara bikin nugget pisang crispy.

Pisang merupakan buah yang sangat banyak penggemarnya. Buah pisang memiliki rasa manis. Mungkin ini alasan orang banyak yang menyukainya.

Seperti yang kita tahu, nugget biasanya terbuat dari ayam fillet. Seperti yang dijual-jual di pasar ataupun di supermarket yang telah dibungkus-bungkus. Kini variasi nugget ada yang berbahan dasar dari pisang.

Nugget pisang merupakan camilan yang cukup terkenal. Biasanya camilan ini dipadukan dengan rasa-rasa yang bervariasi. Sebagai contoh rasa coklat, keju, ataupun tiramishu. Kebanyakan orang lebih menyukai rasa coklat dan keju

Cara bikin nugget pisang crispy ini juga cocok untuk anda yang sudah merasa bosan dengan memakan pisang goreng terus menerus. Biasanya jika kita menemukan pisang, yaang berada dipikiran kita kalau tidak dimakan langsung yang digoreng menjadi pisang goreng.

Sebelum membahas bagaimana cara buat nugget pisang crispy, simak dulu fakta menarik tentang pisang.

Pisang

Pisang merupakan tanaman yang buahnya tidak memandang musim. Jadi jikalau dirasa buah pisang telah masak, anda boleh untuk memanen buahnya. Dengan kata lain waktu yang dibutuhkan untuk memanen tidak jauh dari proses pembibitan.

Pisang sangat banyak jenisnya. Mulai pisang yang berukuran besar hingga pisang yang berukuran mini. Ada juga yang diberi nama yang unik seperti pisang raja, pisang susu, ataupun pisang tanduk. Pemilihan buah pisang juga harus benar ya untuk cara membuat pisang nugget rumahan.

Cara Bikin Nugget Pisang Crispy

Cara buat nugget pisang crispy sangat mudah loh dipraktikan. Dengan bahan yang cukup murah anda sudah bisa mencobanya sendiri di rumah. Tidak perlu lagi anda ke restaurant atau ke toko toko untuk membeli camilan yang satu ini.

Kesuksesan sebuah nugget pisang adalah kekripian dari makanan ini sendiri. Untuk mengetahui tips and trick membuat nugget pisang yang crispy dan tahan lama, bisa dilihat di artikel cara membuat pisang nugget

Bahan Cara Buat Nugget Pisang Crispy Keju

  • 1 kg pisang kepok tanpa kulit,lumatkan.
  • 6 sdm tepung terigu.
  • 4 sdm susu bubuk.
  • 100 g keju parut.
  • 2 butir telur kocok lepas.
  • 1/2 sdt garam.
  • 3 sdm gula pasir.

Bahan Pelapis Untuk Pembuatan Bikin Pisang Nugget Kriuk

    • Secukupnya terigu di cairkan dengan air, kekentalan sedang.
    • Secukupnya tepung roti.

Langkah-Langkah Cara Membuat Pisang Nugget

  1. Kupas pisang terhadap kulitnya.
  2. Lumatkan pisang yang telah dibuang kulitnya.
  3. Campur pisang yg sdh di lumatkan dengan terigu, susu bubuk, gula, garam, dan keju parut.
  4. Aduklah secara merata.
  5. Kemudian tuang kocokan telur.
  6. Aduk hingga benar benar rata.
  7. Tuang adonan ke dalam loyang yg sdh di alasi plastik, ratakan atasnya lalu kukus hingga matang krg lbh 20-25 menit
  8. Jika telah matang angkat lalu dinginkan.
  9. Setelah dingin, potong-potong adonan sesuai selera
  10. Celupkan ke tepung terigu kental lalu gulingkan ke tepung roti, lakukan hal ini hingga semua habis, bisa langsung di goreng atau di simpan di kulkas.
  11. Gorenglah menggunakan mesin vacuum frying untuk menggoreng nugget pisang supaya hasil yang dikeluarkan maksimal dan tentunya sehat
  12. Note: loyang jgn di oles minyak yah,hrs di alasi plastik,klu di oles minyak nanti tdk nempel pelapisnya

Sekian pembahasan cara bikin nugget pisang crispy yang mantap dan nikmat. Kalian bisa mencobanya sendiri di rumah. Selain murah, makanan yang kita masak sendiri tentunya bersih dan sehat. Bagi yang mau buka bisnis camilan ini, silahkan mencoba dan jangan takut untuk gagal.

Selamat mencoba….

Categories
Uncategorized

Tips Cara Membuat Rica Rica Daging Kambing Enak

cara-membuat-rica-rica-daging-kambing

Assalamuallaikum Wr.Wb

Halo teman-teman , artikel kali ini saya akan membahas sesuai gambar diatas yaitu cara membuat rica rica daging kambing.Rica kambing  cocok sekali disajikan untuk menu makan malam saat idul adha.

Resep rica kambing  sangat cocok buat kamu yang demen dengan pedas, Kamu dapat menambah cabai rawit sesuai selera ke dalam bumbu rica-rica kambing yang akan dimasak.

Tidak harus menggunakan bagian tulang atau balungannya saja, tapi kamu juga bisa memakai daging yang sudah dipotong kecil-kecil.Daging kambing pada umumnya mempunya aroma yang lebih kuat dari daging sapi dan juga cita rasanya yang lebih intens yang terkadang membuat selalu orang menghindarinya. Namun jangan khawatir karena ada tips menghilangkan bau kambing di artikel resep rica kambing.

Dengan menggunakan rempah seperti cabai, jahe hingga air jeruk nipis dan juga asam yang akan membuat hidangan ini begitu aromatik dan tentunya menggugah selera untuk makan di rumah.

Dan bukan itu saja, banyak manfaat kandungan vitamin c yang tinggi dari cabai juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh manusia jika dibarengi bersama dengan jahe.

Cara Membuat Rica Rica Daging Kambing

Setelah perayaan Idul Adha biasanya sisa daging masih banyak tersisa dan tersimpan di kulkas. Namun, terkadang sajian seperti sate atau gulai bagi kebanyakan orang terasa begitu sering kita santap sehingga kerap membuat orang bosan.Bumbu pedas yang berasal Manado yang memiliki cita rasa pedas, asin dan ada rasa gurih ini juga sangat cocok dipadukan dengan daging yang terkenal akan kealotan serta bau prengus-nya itu.

Kambing merupakan jenis daging yang banyak digunakan dalam berbagai bahan utama masakan Indonesia. Namun bau amis yang seringkali membuat orang enggan untuk mecoba bahkan mencicipinya. Untuk mengakali bau amis tersebut, kamu bisa menggunakan bumbu-bumbu yang banyak, atau dengan rasa pedas yang diperbanyak. Pedasnya bumbu rica tak hanya pas dipadukan dengan daging ayam ataupun ikan, tapi juga pas dengan daging kambing yang  dimasak rica-rica.

Masak Rica Daging Kambing Pedas Manis

 

Bahan-bahan

  • Daging kambing sesuai selera/secukupnya
  • 1 sachet saori saus teriyaki
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Ketumbar
  • 2 buah kemiri
  • sesuai selera Cabai rawit
  • 1 sachet saori saos mentega
  • sesuai selera Cabai merah keriting
  • 3 Daun salam

Langkah-langkah Memasak Rica Daging Pedas Manis:

  1. Pertama hal yang bisa dilakukan adalah rebus daging kambing terlebih dahulu dengan bahan daun jeruk, laos, sereh, daun salam dan jahe sampai daging menjadi terlihat empuk.
  2. Lalu potong-potong daging.haluskan bahan yang akan ditumis, yaitu bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, ketumbar dan juga garam sesuai selera. haluskan sampai sedikit halus.
  3. Tumis hasil ulegan yang halus tadi sampai harum, tambahkan kecap dan air sedikit. Masukkan daging yg sudah dipotong-potong. Tumis bumbu menggunakan minyak hasil olahan dari mesin minyak kelapa.
  4. Tambahkan saori saos teriyaki atau bumbu instan lainya dan juga saos mentega. Aduk hingga tercampur rata. Tambahkan paprika bubuk dan bisa juga lada hitam.
  5. Diamkan sekitar 10 menit. Sajikan.

Memasak Rica Kambing Spesial Idul Adha

 

Bahan-bahan

  • 500 gr daging kambing
  • Bumbu halus :
  • cabe merah besar
  • 5 siung bawang putih
  • cabe rawit (sesuai selera pedasnya)
  • 10 siung bawang merah
  • jahe
  • Kunyit
  • laos (digeprek)

Bahan Cemplung :

  • daun kemangi
  • tomat (potong kasar)
  • 5 lbr daun jeruk
  • Sereh
  • secukupnya Air
  • Gula
  • Garam
  • Kaldu bubuk

Langkah Memasak Rica Kambing Spesial Idul Adha:

  1. Rebus daging sebentar agar hilang lemak yang ada didalamnya, potong kecil2 sesuai selera.
  2. Haluskan.
  3. Tumis semua bumbu halus, daun jeruknya di sobek supaya tercium bau wangi
  4. Masukkan daging yg sudah d iris tadi, tambahkan air, tunggu sampai daging terlihat empuk
  5. Jika daging sudah empuk, tambahkan beberapa gula, garam, kaldu bubuk (cek rasanya) serta sisahkan airnya
  6. Jika dirasa sudah pas, masukkan potongan tomat dan juga daun kemangi. Tunggu sebentar sampai terlihat layu bahan-bahanya. Matikan kompor, lalu siap disajikan

Sekian pembahasan mengenai tips cara membuat rica rica daging kambing. Jangan lupa baca artikel lain yang masih berhubungan dengan olahan daging kambing seperti cara masak kari daging kambing.

Terimakasih, selamat mencoba

Categories
Uncategorized

Gantungan Kunci Kulit Jagung Yang Menarik

Pada artikel kali ini saya akan memberikan cara membuat gantungan kunci dari kulit jagung yang mudah dan pastinya gampang sekali untuk ditiru.

Namun sebelum masuk ku inti pembahasan, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu apa saja manfaat dari kulit jagung ini yang berguna bagi tubuh.

Manfaat Kulit Jagung

Tanaman jagung bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan. Tapi, sebagian besar olahan hanya bisa didapat dari biji buah jagung saja. Untuk bisa memipil biji jagung bisa dengan menggunakan mesin pemipil jagung.

Faktanya kulit jagung yang terbuat memiliki banyak manfaat. Jagung memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Pada 100 gram jagung  terdapat sekitar 342 kalori. Jagung juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bermanfaat dalam menjaga metabolisme tubuh kita.

Selain itu jagung juga kaya akan vitamin A, E, dan B yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi berguna dalam mencegah penyakit Alzheimer.

–          Mencegah Batu Ginjal

Berfungsi untuk membilas semua racun dan senyawa nitrat yang terakumulasi dan tersimpan di dalam ginjal, serat pada kulit tanaman jagung dapat berfungsi untuk kemampuan mencegah batu ginjal.

–          Meningkatkan Kemampuan Pembekuan Darah

Serat kulit jagung memiliki kandungan akan vitamin K yang sangat tinggi, yang dapat meningkatkan kemampuan darah dalam proses membeku, sehingga dapat mencegah kehilangan darah yang berlebihan saat terjadi cedera.

–          Dapat Mengontrol Diabetes

Ketidakseimbangan produksi pada insulin dalam tubuh bisa menyebabkan terjadinya diabetes. Oleh karena itu serat kulit jagung memiliki kandungan zat yang dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga bisa mengobati penyakit diabetes.

–          Dapat Mengontrol Kolesterol

Manfaat lain yang bisa dapatkan dalam serat kulit jagung adalah serat jagung juga mampu menghambat kolesterol yang terakumulasi pada arteri dalam tubuh kita. Sehingga hal ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

–          Meningkatkan Pencernaan

Serat kulit jagung juga memiliki kemampuan dalam meningkatkan produksi cairan pencernaan agar tetap sehat. Sehingga bisa meningkatkan kesehatan system pencernaan dan dapat memperbaiki nafsu makan.

–          Menyehatkan Kantung Kemih

Serat kulit jagung juga bisa mengobati infeksi pada kantung kemih. Karena serat kulit jagung memiliki kemampuan untuk membunuh mikroba tertentu yang mempengaruhi kesehatan kantung kemih.

–          Mencegah Penyakit Jantung

Serat kulit jagung memiliki kandungan zat yang memiliki kemampuan dalam mengurangi kolesterol tinggi dan kelebihan lemak yang terdapat dalam tubuh. Dengan hal ini dapat membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan jantung secara efektif.

Gantungan Kunci Kulit Jagung

gantungan kunci

 

Bahan-bahan :

  • Kulit jagung yang sudah dikeringkan
  • Pengait
  • Hiasan

Cara Membuat Gantungan Kunci Kulit Jagung :

  1. Untuk membuat gantungan kunci dengan bentuk yang bulat itu sangat mudah dan sederhana sekali proses pembuatannya.
  2. Langkah pertama, anda cukup membuat bulatan dari kulit jagung yang sudah dikeringkan.
  3. Kemudian anda dapat menambahkan hiasan sesuai selera.
  4. Dan yang terakhir anda tinggal menambahkan pengait gantungan kunci diatasnya.
  5. Gantungan kunci dari kulit jagung sudah siap untuk digunakan.

Nah itulah penjelasan saya terkait manfaat kulit jagung dan bagaimana cara membuat gantungan kunci dari kulit jagung. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tanaman jagung memiliki berbagai macam manfaat.

Biji buahnya yang lezat dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan dan minuman yang pastinya sangat sehat. Kulit jagung pun ternyata juga bisa kita gunakan untuk membuat kerajinan tangan yang pastinya bisa digunakan untuk menghias rumah.

Selain itu ternyata kulit jagung juga memiliki khasiat yang baik dan berguna untuk tubuh. Sehingga tak salah bila tanaman jagung ini memiliki banyak penggemar. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi para pembaca semua.