Categories
Uncategorized

Cara Membuat Olahan Pisang Enak

Holla gais bertemu lagi dengan mimin, setelah sebelumnya mimin membahas tentang membuat asinan pepaya sekarang mimin mau berbagi lagi tentang cara membuat olahan pisang yang enak dan tentunya bakal bikin kalian ketagihan.

Buah pisang sendiri mengandung banyak sekali manfaat dan khasiat ketika dikonsumsi secara baik dan rutin, selain rasanya yang enak dan dapat diolah menjadi berbagai macam olahan kuliner, buah ini juga menyimpan berbagai manfaat. Penasaran apa aja? ikutin terus artikel di bawah ini!!!

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

1. Menyeimbangkan Gula Darah

Kandungan pati resistan dan pektin yaitu sejenis serat pada daging pada buah pisang dinilai dapat mengontrol gula darah dengan mengurangi nafsu makan sehingga memperlambat pengosongan lambung. Hal ini sangat bagus bagi kalian yang ingin makan tidak terlalu banyak, dengan makan sedikit nasi dan lauk diikuti dengan makan pisang setelahnya maka rasa kenyang akan bertahan cukup lama.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Mesin pembunuh nomor satu di dunia ini sangat mengerikan tentunya, banyak yang berlomba-lomba menerapkan hidup sehat demi menghindari mesin pembunuh ini. Namun tak perlu risau, beberapa kandungan buah pisang bakal membantu fungsi kerja jantungmu

Memiliki kandungan kalium atau kita kenal juga dengan potasium, kandungan ini bakal membantu menjaga fungsi kerja jantung kalian. Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan mineral elektrolit untuk menjaga aliran listrik dalam tubuh sehingga jantung tetap terus berdetak.

3. Membantu Diet

Karena pisang memiliki zat antioksidan yang sangat kuat, hal ini sangat mendukung bagi kalian yang sedang mengalami program diet. Dengan memperlambat pengosongan lambung agar kalian yang sedang melakukan program diet senantiasa merasa kenyang.

Selain dapat merasa kenyang lebih lama, pisang mengandung serat dan mineral yang tinggi sehingga dapat memperlancar sistem pencernaan dan membersihkan saluran pencernaan dengan serat yang dimilikinya.

 

Wah luamayan mengesankan ya manfaat dari buah pisang ini yang sebenernya masih banyak lainnya tapi kalo mimin jelasin di sini nanti resep dan aneka olahan pisang untuk usaha nya ngga kebahas dong wkwkwk okelah kalo gitu kita langsung menuju ke resepnya dan cara pembuatannya ya cekidottt!!

Cara Membuat Olahan Pisang Enak

1. Pisang Naget Oatmeal

Bahan:

  • 50 gr quick oats
  • 100 gr pisang ambon yang ranum
  • 1 butir telur
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 20 gr tepung terigu
  • 15 gr susu kental manis
  • 4 sendok makan tepung terigu yang dilarutkan ke air

Cara Membuat Olahan Pisang Naget Oatmeal:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas hingga bersih, kemudian masukan pisang tadi dengan semua bahan dengan blender hingga halus
  2. Kemudian kukus adonan tadi selama kurang lebih 15 menit
  3. Jika udah matang, biarkan dingin sebentar kemudian potong dan gulingkan pada larutan tepung terigu dan gulingkan lagi pada quick oats
  4. Setelah semuanya selesai dibalurkan dengan tepung dan quick oats, goreng dengan minyak panas sebentar saja
  5. Jika terlihat udah kecoklatan segera angkat dan tiriskan dan voilaaaa pisang naget oatmealnya udah siap disantap

2. Roti Pisang Pandan

Bahan:

  • 3 butir telur utuh
  • 4 buah pisang raja
  • 1 sendok makan mentega
  • 5 gr tepung maizena
  • 5 gr susu bubuk
  • 1/2 sendok teh pasta pandan
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 50 gr tepung salatiga
  • 40 gr gula pasir putih
  • 1 sendok makan buttercream
  • 15 gr meses
  • 15 gr keju parut
  • 1 sendok teh margarin

Cara Membuat Roti Pisang Pandan:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas hingga bersih
  2. Panaskan oven sampai 210 derajat celcius dan oleskan loyang dengan margarin hingga merata tak lupa juga alasi loyang dengan kertas bakin
  3. Masukkan semua bahan kecuali mentega lalu aduk merata hingga pucat, lembut, dan mengembang 2 kali lipat
  4. Ambil beberapa adonan dan campurkan dengan mentega dan aduk sampai rata dengan sempurna
  5. Jika sudah, satukan adonan tadi dengan adonan yang awal dan aduk kembali hingga benar benar rata
  6. Tuangkan ke dalam loyang sampai kental dan panggang sampai 15 menitan
  7. Selagi menunggu cake nya dingin, tambahkan buttercream ke dalam plastik
  8. Panaskan minyak goreng dan masukkan satu sendok makan mentega serta pisang raja tadi dan goreng sampai terlihat agak kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan
  9. Tunggu sampai dinginn dan bagi cake menjadi 4 bagian lalu taruh pisang di atasnya kemudian semprot buttercream di atasnya dan taburi keju parut, meses lalu tutup lagi dengan pisang sisa
  10. Gulung semuanya dengan rapat atau bisa juga dengan plastik wrap dan masukkan ke dalam kulkas lalu tunggu sampai 1 jam
  11. Jika udah satu jam, keluarkan cake dari kulkas dan potong bagian pinggir lalu potong menjadi 2 bagian. Celupkan bagian sisi pinggir dan biarkan dingin lalu taruh di atas cooking track

3. Roti Pisang Banjar

Bahan:

  • 300 gr pisang kapok yang udah matang
  • 200 gr tepung terigu protein
  • 100 gr gula pasir
  • 400 ml santan hangat
  • 1 butir telur ukuran besar
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1 sendok teh garam dapur
  • Margaris secukupnya

Cara Membuat Roti Pisang Banjar:

  1. Cuci bersih semua pisang dan kupas lalu potong kecil kecil dan sisihkan dulu
  2. Campurkan bahan bahan seperti tepung terigu, garam, gula, telur, vanili dan santan lalu aduk hingga rata
  3. Jika dirasa udah merata, masukkan potongan pisang tadi ke dalam adonan
  4. Ambil cetakan kotak lalu oleskan margarin sedikit demi sedikit pada sisi loyang dan panaskan dengan api kecil
  5. Tuangkan seluruh adonan pisang tadi dan tambahkan beberapa potong pisang yang belum masuk di adonan tadi di atasnya dan tutup loyang atau cetakan
  6. Jangan panggang terlalu lama, jika terlihat udah sedikit mengembang segeralah angkat dan resep kali ini siap disajikan

Itu dia gais ketiga resep yang mimin punya serta juga resep es buah untuk jualan, kalo kalian punya resep andalan yang bisa kalian jadiin andalan bisa banget tuk dishare di sini juga kita adu resep sekaligus berbagi ilmu hahaha selamat mencoba ya gaiss!!

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Asinan Pepaya Simple Dan Mudah

Asinan pepaya memanglah cocok jadi teman di saat gabut maupun saat mengerjakan tugas, tapi ada satu hal yang kamu ketahui yaitu kalian sekarang bisa bikin asinan pepaya sendiri loh karena di sini mimin bakal ngasi tau cara membuat asinan pepaya simple dan mudah.

Asinan sendiri sudah dikenal sejak jaman dahulu kala bahkan desas desusnya ada yang bilang berasal dari timur tengah. Hmmm who knows?

Buah pepaya juga mengandung berbagai manfaat serta khasiat yang ngga bisa kalian sepelein begitu aja. Kalian pasti penasaran apa aja? cekidott!!!

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

1. Mencegah Penuaan Dini

Poin yang satu ini sangat digemari oleh kaum hawa khususnya bagi mereka yang ingin kulitnya sehat luar dalam tentunya, juga kulit yang terlihat lebih kencang dan terlihat lebih cerah nan berkilau. Tentunya juga menunda penuaan dini yang sangat dihindari bagi kebanyakan orang yang sangat memperhatikan masalah kulitnya.

Kandungan vitamin C yang seabrek di pepaya bakal membuat kalian jatuh cinta sama buah ini. Belum lagi kaian yang suka beraktivitas secara lebih dan bebas maka akan sangat rentan sekali mengalami kemunculan kerutan dan mengakibatkan penuaan dini lebih cepat. Di sini vitamin C udah ngga bisa didebat lagi dalam tugasnya menangani kasus-kasus yang bersinggungan dengan kesehatan kulit.

2. Melancarkan Saluran Pencernaan

Ini dia yang selama ini kita ketahui. Apalagi pas kalian lagi ada masalah dalam sistem pencernaan, buah pepaya adalah jawabannya. Dengan kandungan serat dan mineral yang tinggi serta enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Tidak heran jika pepaya dijadikan bahan utama dan bahan dasar sebagai obat sembelit dalam obat-obatan.

3. Mengandung Antioksidan

Zat molekul serta radikal bebas yang terdapat pada sistem metabolisme atau pencernaan di tubuh kita dapat menigkatkan resiko stress oksidatif. Namun dengan adanya zat antioksidan ini kalian ngga perlu resah dan khawatir, selama kebutuhan zat antioksidan kalian tercukupi.

Selain itu antioksidan ini dapat membantu mencegah mengurangi resiko penyakit Alzheimer di usia muda yang mana itu dapat menurunkan daya ingat otak kita. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi ekstrak pepaya hasil fermentasi mengalami penurunan kerusakan oksidatif sebanyak 40%.

Resep Asinan Pepaya Simple

Hmmm ketiga manfaat serta khasiat di atas udah bikin kalian semangat belum buat sering sering mengonsumsi buah pepaya? Kalo udah sekarang kita menuju ke resep dan cara membuat manisan pepaya kering nya aja kalo gitu cekidott!!!

1. Cara Membuat Asinan Pepaya Kering Simple

Bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 1/4 kilogram gula batu
  • 1/4 kilogram gula pasir
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Cara Membuat Asinan Pepaya Kering Simple:

  1. Seperti biasa kita cuci bersih pepaya mengkal lau kupas dan iris tipis sekitar 1/2 cm, kemudian rendam dalam air kapur sirih selama 6 jam
  2. Setelah direndam selama 6 jam, tiriskan pepaya dari air rendaman sirih lalu cuci bersih lagi dan tiriskan lagi
  3. Rebus air matang, gula pasir, garam dan gula batu hingga semuanya larut dalam rebusan tersebut
  4. Jika semuanya udah larut, masukin pepaya tadi lalu aduk aduk perlahan
  5. Aduk hingga airnya menyusut dan terlihat meresap
  6. Kalo dirasa airnya udah mulai menyusut, angkat dan tiriskan serta pastikan benar benar adonannya tadi kering dan angkat ketika manisannya udah mulai dingin lalu jemur selama 2 sampai 3 hari

2. Cara Membuat Asinan Pepaya Jamaika

Bahan:

  • 3 buah pepaya muda
  • 5 saset nutrisari jeruk
  • 1/2 kilogram gula putih
  • Pewarna makanan

Cara Membuat Asinan Pepaya Jamaika:

  1. Cuci ketiga pepaya tadi, dan kupas hingga bersih lalu parut dan peras sampe airnya kering
  2. Ambil wajan kemudian masukkan pepaya yang udah diparut dan dikerangkan tadi, lalu masukkan juga nutrisari jeruk bersama gula sirih
  3. Nyalakan api kecil sambil terus mengaduk adonan hingga terlihat lengket dan airnya menyusut
  4. Jika dirasa udah cukup lengket, angkat adonan dan tunggu dingin
  5. Setelah adonan dingin, mulailah bentuk adonan menjadi bulat kecil seperti kelereng kemudian jemur selama seharian

3. Cara Membuat Asinan Pepaya Simple Tanpa Sirih

Bahan:

  • 500 gram pepaya mentah
  • 1/2 sendok teh sitrun
  • 250 gram gula pasir putih
  • 1/2 sendok teh pasta melon
  • 1/2 sendok teh pasta nanas
  • 225 gram gula pasir biasa
  • 1/2 sendok teh strawberry

Cara Membuat Asinan Pepaya Simple Tanpa Sirih:

  1. Cuci bersih pepaya dan kupas kulitnya. Kemudian potong pepaya tapi jangan terlalu kecil
  2. Parut pepaya yang udah dipotong tadi kemudian peras sampe kering
  3. Campurkan pepaya yang udah diperas tadi dengan gula dan masak dengan api kecil serta aduk secara perlahan
  4. Jika air gulanya udah sedikit menyusut dan parutan pepayanya mulai mengering, masukkan sitrun sambil terus mengaduk
  5. Angkat adonan pepaya tadi dan bagilah menjadi 3 adonan sama rata
  6. Masukkan pasta sesuai ke adonan masing-masing dan kemudian ambil adonan lalu bulatkan sebulat tekad kalian lalu gulingkan ke gula pasir putih, ulangi ke ketiga adonan tadi sampe habis.
  7. Jika semua udah berbentuk bulat dan rata dengan gula, jemur hingga kering kurang lebih satu sampai dua jam, kemudian masukkan ke dalam toples dan tutup dengan rapat

Selain dapat diolah dengan resep di atas. buah pepaya sendiri juga dapat diolah dengan resep es buah untuk jualan yang ngga kalah nikmat dan lezatnya. Jadi tunggu apalagi gais? resep dan cara membuatnya udah ada, sekarang giliran kalian buat memulai, selamat mencoba!!!

Categories
Uncategorized

Inilah Cara Membuat Sop Buah Enak Simple Dan Mudah

Setelah kemarin kita udah buat manisan rambutan dan salad buah, kali ini mimin mau share cara membuat sop buah enak yang bisa kalian ikutin dan terapkan setelah menyoba resep kemarin hahaha.

Sop buah sendiri adalah makanan atau minuman penyegar dahaga sekaligus mengeyangkan karena isiannya yang berisi buah buahan segar. Jadi tunggu apalagi nih gais? ayok kita jalan menuju cara buat sop buah nya, cekidott!!

Cara Membuat Sop Buah Enak

1. Resep Sop Buah Seger

Bahan-Bahan:

  • 2 potong melon
  • 5 sendok makan susu kental manis
  • 2 buah strawberry
  • 2 potong melon
  • 5 sendok makan sirup cocopandan
  • 2 gelas air mineral
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Sop Buah Segar:

  1. Cuci bersih semua buah dan kupas kemudian bersihkan lagi hingga terlihat menarik
  2. Potong dan rajang buah dengan potongan kecil ataupun besar sesuai selera kalian
  3. Siapkan wadah, bisa juga mangkuk atau gelas besar. Masukkan air, susu kentl manis, dan sirup cocopandang tadi dan aduk hingga merata semua
  4. Kemudian masukkan potongan buah yang sudah dirajang tadi ke dalam wadah yang berisi air tadi dan tambahkan es seuckupnya atau sesuai selera
  5. Voila sop buah seger udah jadi dan siap disantappp

2. Resep Sop Buah Enak

Bahan-Bahan:

  • 100 gram semangka merah atau kuning
  • 100 gram nanas
  • 500 gram es batu serut
  • 100 gram pepaya
  • 100 gram melon
  • 1 liter air mineral
  • 100 ml susu kental manis rasa vanila
  • 5 sendok makan sirup vanili
  • 100 gram anggur

Cara Membuat Sop Buah Enak:

  1. Persiapkan mangkuk untuk wadahnya terlebih dahulu
  2. Cuci bersih semua buah yang ada dan kupas semuanya
  3. Jika sudah dikupas, potong dadu semua buah tadi kecuali buah melon yang dipotong bulat menyerupai kelereng
  4. Masukkan semua rajangan tadi ke dalam wadah yang udah disiapkan sebelumnya
  5. Sekarang ambil wadah lain untuk membuat cairannya. Masukkan air dan campur dengan susu kental manis kemudian aduk hingga merata
  6. Jika air dan susunya tadi udah merata, tuangkan ke dalam wadah yang berisi buah-buahan tadi
  7. Kemudian tambahkan es serut dan tuangkan sirup vanili sesuai selera dan sop buah enak kali ini siap dinikmati

3. Resep Sop Buah Aroma Rempah

Bahan-Bahan:

  • 1 buah nanas
  • 200 gram kolang kaling
  • 1/2 buah melon
  • Buah semangka sesuai selera
  • Buah pepaya sesuai selera
  • 2 buang cengkeh
  • 340 ml air jeruk nipis
  • 200 gram gula pasir
  • 1500 ml air
  • Nata de coco secukupnya
  • Es serut sesuai selera

Cara Membuat Sop Buah Aroma Rempah:

  1. Cuci bersih dan kupas semua buah-buahan kemudian potong secara dadu terkecuali buah nanas yang dipotong segitiga dan buah melon yang dipotong bola
  2. Rebus air, gula, air jeruk nipis dan cengkeh sampai beraroma harum
  3. Masukkan buah nanas dan kolang kaling kemudian rebus hingga mendidih
  4. Jika dirasa sudah cukup mendidih, angkat buah nanas dan kolang kaling tadi kemudian biarkan air rebusan gula dan cengkeh ini dingin
  5. Taruh nanas dan kolang kaling ini dalam sebuah mangkuk dan tambahkan juga buah semangka, buah pepaya, buah melon, dan nata de coco
  6. Setelah dirasa cukup dingin, tuangkan adonan air dan cengkeh ini tadi ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan es serut dan siram dengan sirup
  7. Dan sop buah unik yang satu ini siap untuk disantap

Peluang Usaha Sop Buah Enak

Terdengar sangat gambling karena udah banyak banget ngga sih usaha jual sop buah ini? Tapi bukan berarti ini menutup peluang kalian. Dengan sedikit memutar otak dan pemikiran pemikiran baru, mimin yakin kalian pasti bisa bersaing.

Kita ambil contoh dengan ide kreatif saja, misal kalian terjun ke dunia usaha ini kalian menerapkan konsep baru dengan membuat sop buah model frozen food.

Kenapa frozen food? karena pada akhir akhir ini, frozen sangat banyak digandrungi dan diminati di pasaran. Ini salah satu celah dan peluang yang bisa kalian sisipi dengan memasukkan produk kalian di sini.

Categories
Uncategorized

Resep Manisan Rambutan Enak Yang Bikin Ketagihan

haiii gaiss kembali lagi bersama mimin, setelah mimin berbagi resep tentang resep salad buah kemarin, pada kali ini mimin akan berbagi lagi dengan resep yang berbeda. Kali ini resep manisan rambutan enak bakalan siap kalian coba jadi jangan kemana mana okeey.

1. Resep Manisan Rambutan Enak

Terdengar asing di telinga kita semua, tapi inilah terobosan-terobosan di bidang manisan khusus nya manisan rambutan.

Bahan-Bahan:

  • 2,5 kg buah rambutan
  • 1 kg gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan vanili
  • 1/4 sendok teh kapur sirih
  • 1 sendok tanah natrium benzoat
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih rambutn terlebih dahulu, kemudian kupas dan untuk biji nya kali ini dapat dibuang ataupun diikutsertakan, sesuai selera masing-masing aja
  2. Nyalakan kompor kemudian masukkan rambutan dan rebus hingga mendidih secara keseluruhan
  3. Setelah direbus, tiriskan rambutan nya sampai benar-benar kering
  4. Buat cairan larutan dari kapur sirih dengan cara mencampurkan 1 liter air dan 1/4 sendok teh kapur sirih.
  5. Setelah larutan nya jadi, rendam rambutan yang udah  direbus tadi ke dalam larutan sirih tadi kemudian tunggu sampai semalaman kemudian tiriskan
  6. Kemudian rebus air seliter serta tambahkan garam, gula, dan natrium benzoat nya sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan rambutan yang udah direndam di larutan sirih semalaman tadi kemudian lanjut dimasak sampai agak matang.
  7. Matikan api kompor dan tuang vanili kemudian tunggu semalaman lagi
  8. Selesai direndam semalaman lagi, jemur manisan rambutan tadi hingga mengering

2. Resep Manisan Rambutan Pedas

Ngga bisa bayangin perpaduan manis nya rambutan dengan pedas nya irisan cabe rawit yang merah menyala. Hmmm sedap banget ya pasti nya.

Bahan-Bahan:

  • 2 ikat rambutan
  • 5 buah jeruk limau
  • 3 sendok teh gula pasir
  • Cabai rawit sesuai selera
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 ml air panas

Cara Membuat:

  1. Seperti biasa kita cuci dan selalu cuci dulu rambutan agar bersih dan terhindar dari bakteri jahat
  2. Kemudian setelah dicuci, kupas rambutan dan tak perlu dicuci ulang agar rasa yang didapatkan otenik. Jangan lupa buang biji nya.
  3. Iris miring cabai rawit, kemudian campurkan dengan rambutan yang udah disiapkan tadi
  4. Kemudian belah jeruk limau menjadi 2 bagian dan peras di atas rambutan tadi
  5. Tambahkan gula dan garam sesuai selera kalian. Tidak lupa tuangkan juga air panas 200ml dan tunggu kurang lebih 2 jam
  6. Voilaaa manisan rambutan pedas siap disajikan

3. Resep Manisan Rambutan Kekinian

Mengusung nama kekinian yang ala ala, resep kali ini memang agak berbeda dengan resep lain nya dan juga dengan mengutamakan keestetikan visual nya.

Bahan-Bahan:

  • 15 biji buah rambutan
  • 4 buah strawberry
  • 1/2 buah jeruk lemon
  • 4 buah cabai rawit
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam halus

Cara Membuat:

  1. Seperti biasa kita bersihkan dulu buah rambutan nya kemudian kita kupas hingga bersih. Untuk membuat rambutan nya terkesan lebih bersih lagi kita bisa mencuci hasil rambutan yang udah kita kupas tadi
  2. Kemudian potong strawberry, jeruk lemon serta cabai rawit dan sisihkan terlebih dahulu di sisi lain
  3. Siapkan wadah untuk penyajian nya kemudian masukkan rambutan yang udah dirajang tadi bersama dengan cabai serta strawberry dan potongan jeruk lemon
  4. Tambahkan gula pasir dan garam bisa sesuai selera atau mengikuti resep mimin inI, setelah itu aduk hingga merata
  5. Kemudian masukkan ke dalam lemari es dengan durasi kurang lebih 4 hingga 5 jam namun ngga masalah juga kalo mau semalaman
  6. Manisan rambutan kekinian siap disajikan

Selain ketiga resep di atas, kalian juga harus tau kalo rambutan sendiri juga dapat diaplikasikan dengan resep es buah untuk jualan dan resep manisan rambutan enak. Jadi ngga cuma bisa dijadiin manisan rambutan doang gaisss karena buah rambutan ini sendiri sangat cocok diolah menjadi berbagai macam aneka makanan atau bahkan minuman.

Categories
Uncategorized

Membuat Salad Buah Simple Anti Gagal

Hai gaiss kembali lagi bersama mimin kece, kali ini mimin datang dengan resep resep dan cara membuat salad buah anti gagal yang bisa kalian jadiin kegiatan selama #DiRumahAja dan tentunya lebih produktif. Salad Buah memanglah cocok disantap di saat cuaca yang panas, selain menyegarkan seperti resep es buah untuk jualan , salad buah juga mengandung berbagai manfaat dan khasiat yang ngga main main dari beberapa bahan dasar yang ada di dalamnya yaitu buah buahan. Berikut ini beberapa manfaatnya bagi tubuh kita.

1. Mengandung Banyak Serat

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa buah-buahan mengandung banyak sekali serat yang dapat melancarkan saluran pencernaan, selain membantu saluran pencernaan serat-serat ini juga berguna untuk mempermudah penyerapan zat serta gizi makanan yang ada di dalam tubuh kita dengan cepat.

Terlebih dengan adanya gabungan buah-buah yang ada di dalam salad kebanyakan mengandung serat-serat yang tinggu, maka dari itu dapat dipastikan serat yang didapatkan dan dibutuhkan sangat tercukupi.

2. Mengontrol Berat Badan

Dengan banyaknya serat yang didapatkan dari buah-buahan yang terdapat pada salad sehingga dapat melencarkan pencernaan maka berat badan dapat dikontrol dengan baik.

3. Memiliki Banyak Vitamin

Vitamin yang terkandung dalam buah-buahan sangat berguna untuk menyehatkan kulit seperti contohnya vitamin c yang terdapat pada jeruk, dapat mencerahkan dan membersihkan sel kulit mati dari dalam tanpa sentuhan bahan kimia, sangat cocok untuk wanita-wanita yang ingin kulit nya terlihat glowing

Selain untuk mencerahkan kulit, kandungan vitamin yang terdapat pada buah-buahan dapat berfungsi untuk membangun imun tubuh dari dalam agar terhindar dari penyakit-penyakit mematikan seperti kanker dan serangan jantung yang bisa menyerang kapan saja.   Sekarang, saatnya kita loncat ke resep salad buah nya, legowww

Resep Dan Cara Membuat Salad Buah Simple

1. Resep Salad Buah Sederhana Dan Segar

Resep yang pertama ini admin punya refrensi salad buah yang mungkin terlihat sama seperti salad kebanyakan, atau mungkin malah terlihat biasa aja. Tapi mari kita coba dulu resep admin ini, mana tau kalian ketagihan buat bikin terus.

Bahan-bahan:

  • 2 buah apel merah
  • 1 buah mangga
  • 1/4 kilogram anggur
  • 1 buah pir
  • 1/4 buah melon
  • 2 buah kiwi
  • 1/4 buah semangka
  • 1 bungkus nutrijel(bebas rasa apa aja)
  • 100 gram mayonaise
  • 2 cup yoghurt
  • 100 ml susu kental manis sesuai selera
  • 1 sendok madu

Cara Membuat Salad Buah Simple Dan Segar:

  1. Seperti biasa cuci buah-buah yang disebutkan di atas tadi hingga bersih kinclong kemudia kupas buah yang perlu dikupas.
  2. Setelah selesai mencuci dan mengupas buah tadi. Potong dadu semua buah dan nutrijell nya kecuali buah anggur dan kiwi.(Oh iya di sini posisi nutrijell sudah berbentuk agar-agar ya, bukan bentuk serbuk lagi. Jadi disarankan untuk membuat nutrijel nya dulu)
  3. Setelah semuanya dipotong dadu kecil-kecil, sekarang masukkan buah potong tadi ke wadah atau gelas besar untuk penyajian nya.
  4. Sekarang kita membuat sausnya.

Membuat saus:

  1. Siapkan mangkuk besar untuk menjadi tempat adonan.
  2. Masukkan mayonaise dan susu kemudian aduk hingga rata
  3. Setelah kedua bahan tadi tercampur dengan rata, masukkan yoghurt yang diiringi dengan madu yang sudah disiapkan tadi
  4. Jika dinilai kurang manis, kalian bisa menambahkan susu kental manisnya, tapi jangan banyak-banyak nanti diabetes.
  5. Setelah semuanya selesai diaduk, tuangkan adonan tadi ke dalam wadah atau gelas besar yang berisi buah-buahan dan nutrijell yang sudah disiapkan tadi.

2. Resep Salad Buah Mozarella

Wahh.. kali ini ada yang berbeda, ngga kayak salad buah pada umumnya. Salad buah yang akan kita buat kali ini menggunakan keju mozarella sebagai sausnya. Kok bisa? penasaran kan? langsung aja ngga pake basa-basi ini resepnya.

Bahan-bahan:

  • 200 ml susu uht(kalo ngga ada susu uht bisa pake ssu lainnya, tapi admin nyarani pakai susu uht)
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 50 gram keju parut atau sesuka kalian
  • 1 sendok makan maizena
  • 6 sendok makan mayonaise
  • 1 mozarella atau sesuka kalian

Cara Membuat Salad Buah Mozarella:

  1. Cuci bersih buah kemudian kupas hingga terlihat menarik dan enak dipandang.
  2. Jika sudah selesai dikupas dan dicuci, potong-potong buah tersebut dengan selera kalian yang penting bentuknya masih bisa diterima.
  3. Selesai dipotong, masukan semua potongan buah-buahan tersebut dalam wadah. Disarankan kalo bisa wadah yang agak cekung.
  4. Setelah buahnya ditata dalam wadah tersebut, sekarang kita beralih ke sausnya.

Membuat saus:

  1. Masukkan susu ke dalam panci kemudian panaskan dengan api kecil, diikuti dengan memasukan 3 sendok gula pasir. Aduk hingga rata.
  2. Setelah susu dan gula pasir merata, kemudian mulai masukkan keju parut dan mayonaise bersamaan. Ingat, tetap gunakan api kecil dan selalu diaduk supaya ngga gosong dan adonannya merata.
  3. Sebelum diangkat, tuangkan maizena sebagai pelengkap.
  4. Kalo dirasa udah cukup, matikan kompor dan tuang adonan tadi ke dalam wadah yang sudah tertata buah-buahan tadi.
  5. Nyalakan kembali kompor dan masukkan keju mozarella nya, panaskan sebentar saja sampai setengah meleleh.\
  6. Sekiranya udah cukup meleleh, matikan api kompor dan segera tuangkan keju mozarella yang sudah cair tersebut di atas salad nya tadi.

3. Resep Salad Buah Jelly

Salad buah dicampur nata de coco? hmmm emang bisa? tentu aja bisa, mari kita buktikan.

Bahan-bahan:

  • Buah-buahan (rekomendasi dari saya isi buah-buahan nya kali ini bisa strawberry, mangga, apel, jeruk, kiwi, anggur, melon, apel, dan pear)
  • 500 gram Mayonaise
  • 250 gram susu kental manis
  • 250 gram yoghurt
  • dan keju sesuai selera masing-masing aja deh

Cara Membuat Salad Buah Jelly:

  1. Cuci bersih buah dan keringkan, kemudian kupas hingga kulitnya hilamg
  2. Potong buah menjadi ukuran-ukuran kecil, bisa dipadukan misalnya dipotong dadu atau segitiga, kotak, dan bentuk-bentuk lucu lainnya.
  3. Jika sudah dipotong kemudian masukkan buah-buah tersebut dalam satu wadah yang digunakan untuk disajikan nanti.
  4. Selanjutnya kita membuat sausnya.

Membuat saus:

  1. Masukkan mayonaise dan susu kental manis, kemudian aduk hingga rata.
  2. Setelah terlihat sudah merata, bisa dimasukkan yoghurt ke dalamnya sambil sembari mengaduk hingga rata kembali.
  3. Jika sudah merata secara keseluruhan, bisa tuk segera dituangkan ke wadah penyajian yang berisi buah-buahan tadi.
  4. Untuk mempercantik tampilannya, bisa ditambahkan parutan keju di atasnya.

Itu dia ketiga resep yang bisa kalian coba di rumah selama masa pandemi yang sedang melanda sepeti sekarang ini, selain produktif kalian juga dapat membuka peluang usaha dari resep resep di atas. Jadi tunggu apalagi? selamat mencoba!