Categories
Uncategorized

Mari Simak Cara Bongkar Ac Yang Gampang

Kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara bongkar ac yang gampang. Simak penjelasannya sebagai berikut.

AC (sering disebut dengan AC atau penyejuk udara) merupakan suatu alat, sistem, atau mesin yang dirancang untuk mengubah suhu dan kelembaban udara dalam suatu area ( dapat digunakan untuk pendinginan dan pemanasan ini tergantung dengan sifat udara pada saat tertentu).

Biasanya juga menggunakan siklus refrigerasi tapi kadang-kadang menggunakan penguapan, biasanya untuk pendinginan kenyamanan dalam bangunan dan kendaraan bermotor.

AC juga kepanjangan dari kata (Air Conditioning) atau dapat dibaca dengan (ASE) atau Penyejuk udara. AC ini juga merupakan suatu alat yang dapat mendinginkan dan menyejukkan udara di dalam ruangan yang tertutup.

Dan AC juga bisa merujuk pada segala bentuk teknologi pendinginan, pemanasan, ventilasi, atau disinfeksi yang memodifikasi kondisi yang ada diudara.

Cara Bongkar Ac

Cara bongkar ac

Berikut ini beberapa peralatan yang harus kita siapkan sebelum membongkar unit AC.

  • Obeng ( – ) dan ( + )
  • Taspen
  • Kunci ( L ) satu seat ( karena untuk beberapa AC ada yang tidak sama ukurannya )
  • Kunci inggris 2 pcs
  • Gauge manifold
  • Tang potong
  • Palu

Cara Menyimpan/ pump down freon pada sistem AC

  • Pertama :Nyalakan AC terlebih dahulu, kemudian biarkan nyala beberapa menit agar sirkulasi freon stabil.
  •  Kedua :Sekarang Anda pergi ke bagian unit outdoor, lalu buka tutup bagian kabel kiriman dan tutup di bagian kran pipa refrigrant ( jika ada ).
  • Ketiga :Buka tutup krang pengisian freon, kemudian pasangkan selang warna biru manifold pada kran pengisian freon tersebut ( jangan lupa di tutup untuk kran yang di manifold ).
  • Keempat :Buka tutup / baut kran pipa kecil dan besar menggunakan kunci inggris.
  • Kelima :Selanjutnya, tutup kran pipa kecil terlebih dahulu menggunakan kunci L. ( ingat pipa kecil terlebih dulu ).
  • Keenam :Perhatikan jarum pada manifold, secara perlahan akan turun dan pastikan hingga sampai angka 0 ( NOL ).
  • Langkah ketujuh :Kemudian, segera tutup kran pipa yang besar menggunakan kunci L, lalu matikan AC secepat mungkin. Agar bisa cepat, Anda bisa memotong kabel kirimannya menggunakan tang potong yang tadi sudah disediakan, atau Anda bisa memerintahkan teman Anda untuk segera mematikan AC-nya melalui remote, yang tentunya sudah Anda komunikasikan dengan teman Anda sebelumnya.

Cara bongkar unit indoor AC

  • Putuskan kabel power-nya terlebih dahulu
  • Lepas selang pembuangan ( water drain )
  • Lalu lepaslah sambungan yang nepel yang menghubungkan unit indoor dengan pipa instalasi menggunakan 2 kunci inggris ( satu kunci inggris untuk nahan, yang satu untuk memutar baut nepel )
  • Lepas atau turunkan unit indoor dari breaket
  • Lepas breaket indoor, jika breaket ini di paku ke dinding, Anda bisa mencongkelnya menggunakan obeng (-) atau pahat. Namun jika dibaut, Anda akan lebih mudah melepasnya, yakni bisa menggunakan obeng.

Cara bongkar unit outdoor AC

  • Lepaskan kabel power kiriman dari unit indoor
  • Lepas baut / nepel yang menghubungkan antara unit outdoor dengan pipa instalasi
  • Jika unit di breaket, lepas baut pengikat antara unit outdoor dengan breaket tersebut, kemudian turunkan indoor dari breaket.
  • Selanjutnya, silakan Anda lepas breaket tersebut dari dinabol yang menanjap pada dinding menggunakan kunci pas atau kunci inggris.

Jika unit outdoornya tidak di breaket, abaikan saja langkah pada nomor 3 dan 4. Pastikan juga Anda melakukan cara bongkar AC ini dengan rapi, sehingga AC tetap dalam kondisi baik saat nantinya mau dipasang kembali.

Jika memungkinan, bongkar juga pipa instalasi-nya, karena jika masih layak dipakai, pipa tersebut juga masih bisa digunakan kembali.

Namun, jika tidak memungkinkan misalnya pipa ditanam di tembok, akan lebih baik biarkan saja pipa tersebut dari pada Anda harus merusak / membongkar tembok dinding-nya.

Cara Merawat Ac

cara bongkar ac

1. Bersihkan Filter AC

Ciri-ciri AC kotor adalah udara yang dikeluarkan tidak sedingin biasanya. Umumnya, masalah tersebut dapat disebabkan oleh filter AC yang kotor. Filter AC dirancang agar bisa dilepas dan dipasang dengan mudah.

Untuk membersihkan filter AC, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa memanggil jasa pembersih AC. Filter yang terlampau kotor dapat menghalangi aliran udara yang keluar dari AC. Jika dibiarkan saja terus menerus, maka AC tersebut akan menjadi rusak.

Waktu yang sangat  ideal untuk membersihkan filter AC merupakan 1-2 bulan sekali. Setelah itu lepas filternya dan cuci dengan menggunakan air bersih dan sikat gigi bekas. Apabila filternya terlalu kotor maka sebaiknya segera ganti dengan filter yang baru dan sesuaikan dengan model AC Anda.

2. Lakukan Pemeliharaan Secara Rutin

Cara merawat AC bisa dimulai dari melakukan pemeliharaan secara rutin. Untuk melakukan pemeliharaan tersebut sangat disarankan untuk menggunakan jasa service perawatan AC yang sudah ahlinya.

Perawatan ini tidak hanya meliputi pembersihan filter, tapi juga pembersihan AC secara keseluruhan. Jika Anda menggunakan AC split, maka mesin indoor serta outdoor-nya dapat dibersihkan.

Gunakan jasa service perawatan AC tersebut minimal 3 bulan sekali. Dengan melakukan pemeliharaan secara berkala, maka kinerja dan kebersihan AC dapat tetap terpantau.

Selain itu, pemeliharaan rutin juga dapat mengurangi beban kerja AC karena bagian dalamnya terlalu kotor.

3. Pasang Termometer di Ruangan

Salah satu cara untuk merawat AC merupakan dengan memantau kinerja AC setiap hari. Tanda-tanda AC yang hampir rusak dapat dideteksi dengan termometer yang dipasang di ruangan tempat AC tersebut berada.

AC yang rusak akan mengeluarkan suhu udara yang tidak sesuai dengan pengaturan suhu yang Anda lakukan di remote AC.

Misalnya, Anda mengatur suhu AC di angka 25 derajat celcius. Namun, suhu di dalam ruangan tetap panas dan ketika mengecek suhu ruangan di termometer ternyata angkanya menunjukkan 30 derajat celcius.

Bila menemukan kasus seperti ini teliti dulu permasalahannya, siapa tahu ketidaksesuaian suhu ini disebabkan karena ruangan terlalu besar atau terlalu banyak orang di dalam sebuah ruangan.

4. Menutup Pintu, Jendela, dan Ventilasi Saat Menyalakan AC

Punya kebiasaan membuka pintu atau jendela saat sedang menyalakan AC? Waspada, kebiasaan tersebut hanya akan membuat kompresor AC bekerja lebih ekstra sehingga dapat mengalami kerusakan.

Usahakan untuk selalu menutup rapat segala celah yang ada di ruangan ber-AC. Tujuannya agar AC terfokus untuk mendinginkan ruangan tersebut dan waktu yang dibutuhkan mesin kompresor untuk mengkondisikan ruangan tidak terlalu lama.

Cara ini akan meringankan tugas kompresor dengan tidak terlalu lama bekerja menyesuaikan aliran udara dari AC untuk mendinginkan ruangan. Dengan demikian, cara ini dapat mencegah kerusakan dini pada kompresor AC.

5. Cek Tekanan Freon

Freon adalah salah satu bahan pendukung untuk menentukan dingin atau tidaknya sebuah pendingin ruangan. Apabila terjadi kebocoran, maka tekanan freon dapat berkurang dan hal tersebut berimbas pada AC yang tidak dingin atau justru menyebabkan AC mati-nyala dengan sendirinya.

Demikian yang dapat saya berikan semoga bermanfaat dan dapat anda praktekan dengan mengikuti langkah-langkah diatas. Namun, anda juga dapat lihat penyebab ac bocor diartikel sebelumnya. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *