Categories
Uncategorized

Cara Membuat Asinan Pepaya Simple Dan Mudah

Asinan pepaya memanglah cocok jadi teman di saat gabut maupun saat mengerjakan tugas, tapi ada satu hal yang kamu ketahui yaitu kalian sekarang bisa bikin asinan pepaya sendiri loh karena di sini mimin bakal ngasi tau cara membuat asinan pepaya simple dan mudah.

Asinan sendiri sudah dikenal sejak jaman dahulu kala bahkan desas desusnya ada yang bilang berasal dari timur tengah. Hmmm who knows?

Buah pepaya juga mengandung berbagai manfaat serta khasiat yang ngga bisa kalian sepelein begitu aja. Kalian pasti penasaran apa aja? cekidott!!!

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

1. Mencegah Penuaan Dini

Poin yang satu ini sangat digemari oleh kaum hawa khususnya bagi mereka yang ingin kulitnya sehat luar dalam tentunya, juga kulit yang terlihat lebih kencang dan terlihat lebih cerah nan berkilau. Tentunya juga menunda penuaan dini yang sangat dihindari bagi kebanyakan orang yang sangat memperhatikan masalah kulitnya.

Kandungan vitamin C yang seabrek di pepaya bakal membuat kalian jatuh cinta sama buah ini. Belum lagi kaian yang suka beraktivitas secara lebih dan bebas maka akan sangat rentan sekali mengalami kemunculan kerutan dan mengakibatkan penuaan dini lebih cepat. Di sini vitamin C udah ngga bisa didebat lagi dalam tugasnya menangani kasus-kasus yang bersinggungan dengan kesehatan kulit.

2. Melancarkan Saluran Pencernaan

Ini dia yang selama ini kita ketahui. Apalagi pas kalian lagi ada masalah dalam sistem pencernaan, buah pepaya adalah jawabannya. Dengan kandungan serat dan mineral yang tinggi serta enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Tidak heran jika pepaya dijadikan bahan utama dan bahan dasar sebagai obat sembelit dalam obat-obatan.

3. Mengandung Antioksidan

Zat molekul serta radikal bebas yang terdapat pada sistem metabolisme atau pencernaan di tubuh kita dapat menigkatkan resiko stress oksidatif. Namun dengan adanya zat antioksidan ini kalian ngga perlu resah dan khawatir, selama kebutuhan zat antioksidan kalian tercukupi.

Selain itu antioksidan ini dapat membantu mencegah mengurangi resiko penyakit Alzheimer di usia muda yang mana itu dapat menurunkan daya ingat otak kita. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi ekstrak pepaya hasil fermentasi mengalami penurunan kerusakan oksidatif sebanyak 40%.

Resep Asinan Pepaya Simple

Hmmm ketiga manfaat serta khasiat di atas udah bikin kalian semangat belum buat sering sering mengonsumsi buah pepaya? Kalo udah sekarang kita menuju ke resep dan cara membuat manisan pepaya kering nya aja kalo gitu cekidott!!!

1. Cara Membuat Asinan Pepaya Kering Simple

Bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 1/4 kilogram gula batu
  • 1/4 kilogram gula pasir
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Cara Membuat Asinan Pepaya Kering Simple:

  1. Seperti biasa kita cuci bersih pepaya mengkal lau kupas dan iris tipis sekitar 1/2 cm, kemudian rendam dalam air kapur sirih selama 6 jam
  2. Setelah direndam selama 6 jam, tiriskan pepaya dari air rendaman sirih lalu cuci bersih lagi dan tiriskan lagi
  3. Rebus air matang, gula pasir, garam dan gula batu hingga semuanya larut dalam rebusan tersebut
  4. Jika semuanya udah larut, masukin pepaya tadi lalu aduk aduk perlahan
  5. Aduk hingga airnya menyusut dan terlihat meresap
  6. Kalo dirasa airnya udah mulai menyusut, angkat dan tiriskan serta pastikan benar benar adonannya tadi kering dan angkat ketika manisannya udah mulai dingin lalu jemur selama 2 sampai 3 hari

2. Cara Membuat Asinan Pepaya Jamaika

Bahan:

  • 3 buah pepaya muda
  • 5 saset nutrisari jeruk
  • 1/2 kilogram gula putih
  • Pewarna makanan

Cara Membuat Asinan Pepaya Jamaika:

  1. Cuci ketiga pepaya tadi, dan kupas hingga bersih lalu parut dan peras sampe airnya kering
  2. Ambil wajan kemudian masukkan pepaya yang udah diparut dan dikerangkan tadi, lalu masukkan juga nutrisari jeruk bersama gula sirih
  3. Nyalakan api kecil sambil terus mengaduk adonan hingga terlihat lengket dan airnya menyusut
  4. Jika dirasa udah cukup lengket, angkat adonan dan tunggu dingin
  5. Setelah adonan dingin, mulailah bentuk adonan menjadi bulat kecil seperti kelereng kemudian jemur selama seharian

3. Cara Membuat Asinan Pepaya Simple Tanpa Sirih

Bahan:

  • 500 gram pepaya mentah
  • 1/2 sendok teh sitrun
  • 250 gram gula pasir putih
  • 1/2 sendok teh pasta melon
  • 1/2 sendok teh pasta nanas
  • 225 gram gula pasir biasa
  • 1/2 sendok teh strawberry

Cara Membuat Asinan Pepaya Simple Tanpa Sirih:

  1. Cuci bersih pepaya dan kupas kulitnya. Kemudian potong pepaya tapi jangan terlalu kecil
  2. Parut pepaya yang udah dipotong tadi kemudian peras sampe kering
  3. Campurkan pepaya yang udah diperas tadi dengan gula dan masak dengan api kecil serta aduk secara perlahan
  4. Jika air gulanya udah sedikit menyusut dan parutan pepayanya mulai mengering, masukkan sitrun sambil terus mengaduk
  5. Angkat adonan pepaya tadi dan bagilah menjadi 3 adonan sama rata
  6. Masukkan pasta sesuai ke adonan masing-masing dan kemudian ambil adonan lalu bulatkan sebulat tekad kalian lalu gulingkan ke gula pasir putih, ulangi ke ketiga adonan tadi sampe habis.
  7. Jika semua udah berbentuk bulat dan rata dengan gula, jemur hingga kering kurang lebih satu sampai dua jam, kemudian masukkan ke dalam toples dan tutup dengan rapat

Selain dapat diolah dengan resep di atas. buah pepaya sendiri juga dapat diolah dengan resep es buah untuk jualan yang ngga kalah nikmat dan lezatnya. Jadi tunggu apalagi gais? resep dan cara membuatnya udah ada, sekarang giliran kalian buat memulai, selamat mencoba!!!