Categories
Uncategorized

Cara Membuat Gulali Yang Tradisional Bikin Nostalgia

Cara membuat gulali yang tradisional atau gulali gula merah ini cukup sederhana, karena bahan yang paling penting atau utama dari jenis makanan ini adalah gula pasir. Permen Gulali gula merah sendiri biasanya memiliki warna kebanyakan coklat kehitam hitamandan rasanya yang manis.

Cara Membuat Gulali yang Tradisional

Cara Membuat Gulali yang Tradisional

Cara membuat gulali yang tradisional ialah membuat gulali gula merah. Gulali ini biasanya memiliki warna yang biasanya coklat agak kehitam hitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan bambu kecil ataupun sedotan kecil. Gulali dari gula merah ini sering juga dicampur dengan kacang tanah agar memiliki tekstur saat dimakan.

Bahan Gulali Gula Jawa :

  • Gula jawa yang sudah halus 500 gram.
  • Air secukupnya setidaknya sekitar 125 ml.
  • Kacang tanah yang sudah ditumbuk kasar (sesuai keinginan).
  • Tangkai babmbu kecil.

Cara Membuat Gulali Tradisional :

  1. Pertama tama, masukkan gula merah dan air ke dalam sebuah kuali yang kemudian diaduk hingga air dan gula merah tercampur dengan sangat merata.
  2. Kemudian, nyalakan kompor dengan api yang sedang setelah itu letakan kuali diatas api.
  3. Aduk adonan tersebut hingga mendidih, setelah itu masukkan kacang yang telah di tumbuk kasar tadi lalu di aduk hingga merata.
  4. Lalu, jika air dalam kuali atau adonan sudah mulai sedikit berkurang, angkat kuali lalu diamkan adonan tersebut hingga mulai mengental.
  5. Ketika adonan sudah mengental, masukkan tangkai kecil ke dalam adonan lalu putar gulalinya agar berbentuk agak melingkar seperti permen.
  6. Arum manis atau gulali siap disantap atau dinikmati. Jika kalian akan menyimpan dalam kurun waktu yang lumayan lama, kalian dapat membungkus arum manis atau gulali yang sudah ditusuk dan dibentuk itu dengan plastik dan kemudian simpan dalam wadah.
  7. Jika kalian juga ingin mencoba untuk membuat suatu hal yang baru bagi kalian ,tambahkan saja ceres, coklat ataupun selai ke gulali gula merah tersebut agar memiliki cita rasa yang baru dan unik tentunyaa

Permen gulali gula jawa atau arum manis ini dapat dijual lagi loh, untuk menambah uang jajan. Kenapa tidak?. Selain itu kalian juga dapat menjual di acara ulang tahun, restoran, atau cafe sekalipun. Tetapi juga harus diperhatikan dalam hal pengemasannya. Jika anda ingin memeiliki kualitas yang sangat terjaga, serahkan saja pada mesin cup sealer. Kualitasnya tidak perlu kalian ragukan lagi.

Permen Gulali Gula Jawa

Permen Gulali Gula Jawa

Gulali tradisional atau gulali gula jawa ialah gulali tertua yang ada di Indonesia, dan pembutannyapun masih sanget tradisional juga. Kabarnya, gulali ini ialah asal mula adanya berbagai macam gulali yang ada pada saat ini. Gulali ini biasanya memiliki warna coklat kehitaman yang disebabkan oleh bahannya yaitu gula jawa. Cek juga website rumah mesin untuk menemukan mesin yang anda butuhkan.

Ciri dari gulali ini yaitu lengket dan keras. Gulali ini biasa disebut dengan lollipop tradisional karena ditusuk menggunakan bilah bambu. Selain gulali ini kadang polos dan ditambah dengan kacang tanah sebagai penambah rasa. Rasa manis yang di ciptakan gulali gula merah akan diimbangi dengan gurihnya kacang tanah yang telah digoreng. Cek juga Cara Membuat Permen Rambut Nenek  yang Legendaris.

Fakta Dalam Permen Gulali

Sesuai dengan namanya, jajanan manis yang dibuat dari gula pasir dan pewarna makanan dicampur hingga rata kemudian di masukkan ke dalam sebuah mesin pembuat permen gulali. Dimesin permen gulali atau arum manis ini, gula pasir pasti akan meleleh dan sisa sisanya itulah yang kemudian diputar-putar kemudian diambil menggunakan stik menjadi permen gulali atau gula kapas.

Walaupun bahan dasar utama pada permen gulali ialah gula, tetapi permen gulali dipercaya tidak memiliki kandungan glukosa yang tinggi. Panganan manis ini Gulali dikenalkan oleh Morrison dan John C. Wharton di St. Louis World’s Fair pada tahun 1904.

Di Amerika sendiri selalu merayakan hari Permen Gulali atau Gula Kapas atau Arum Manis Nasional setiap tanggal 7 Desember. Dan hal ini hanya berlaku di Amerika Serikat saja tentunya, dan tidak ada di negara lain. Dan cara membuat permen gulali ini telah melebar luas ke penjuru dunia.