Categories
Uncategorized

Cara Membuat Jamur Crispy yang Praktis

Cara membuat jamur crispy yang keriting dan rasanya renyah sebenarnya sama sekali tidak sulit. karena rahasianya cuma dalam adonan pencelup dan tepung kering yang dibuat dengan bahan sama. Tapi penggunaan air es untuk adonan pencelup juga bisa menambah tingkat kerenyahan gorengannya dan tidak mudah timpang.

Bagaimana sih cara membuat jamur crispy yang renyah gurihnya enak dan tahan lama? Berikut ini beberapa resep yang bisa anda coba sendiri dirumah

1. Resep dan Cara Membuat Jamur Crispy yang Enak dan Renyahnya Tahan Lama

cara membuat jamur crispy

Jamur crispynya mau renyahnya lebih lama anda jangan lupa untuk menambahkan air es secukupnya ke dalam adonan untuk melarutkan adonan sebagai tepung pencelupnya, dan baking soda juga membantu hasil kremesnya lebih keriting.Bagaimana cara membuat jamur crispy yang kritingnya super renyah?berikut adalah resep yang lengkapnya

Bahan:

  • Jamur tiram 500 gram
  • Tepung terigu 100 gram
  • Bawang putih 1 siung
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • 1/4 sendok teh baking soda
  • 200 ml air es
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram tepung maizena atau tepung kanji
  • 1/4 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya
  • Saus sambal botolan atau sambal bangkok secukupnya

Resep dan Cara Membuat Jamur Crispy yang Renyah Tahan Lama:

  1. Jamur tiram dipotong dan yang kuntumnya lebar dipotong menjadi seukuran satu suapan.
  2. Bawang putih dihaluskan, kemudian campurkan dengan tepung terigu dan bahan pencelupnya. Masukkan sedikit garam, merica bubuk, dan 1 sendok teh baking soda. Sisihkan terlebih dahulu sebelum dituangi air es.
  3. Buatlah campuran tepung pelapis dengan mencampurkan tepung terigu, tepung kanji,/tepung maizena dan garam. Kemudian aduk hingga semuanya tercampur dengan rata.
  4. Tambahkan air es sedikit-sedikit ke dalam adonan pencelup. Aduk sampai rata hingga tidak ada tepung yang menggumpal. Kemudian jamur tiram dicelupkan ke dalam tepung pencelup satu per satu.
  5. Setelah dicelupkan ke dalam tepung pencelup, celupkan jamur tiram ke dalam tepung pelapis, dan pastikan semua bagian jamur terselimuti dengan tepung pelapis dengan tebal dan rata. Setelah itu remas-remas sedikit untuk membentuk gumpalan di permukaannya.
  6. Jamur tiram digoreng dalam minyak yang panas dan usahakan sampai terendam seluruhnya. Selagi digoreng, siram permukaan jamur dengan minyak panas.
  7. Apabila warnanya sudah berubah kuning kecoklatan, maka jamur tiram ini sudah matang dan bisa langsung diangkat.
  8. Tiriskan minyak dari gorengan jamur crispy dengan kertas penyerap minyak atau tisue. Setelah itu siap untuk disajikan dan tambahkan dengan sambal.

2. Cara Membuat Jamur Crispy Aneka Rasa

cara membuat jamur crispy

Sesudah anda memahami cara membuat jamur crispy, tidak ada salahnya juga anda mempelajari cara membuat jamur crispy yang bermacam-macam varian rasanya, semisal rasa balado, ayam panggang dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk modal bahannya anda cukup membeli bumbu kentang bubuk ataupun curah yang ada diminimarket atu toko-toko lainnya dan bisa anda bisa juga menambhakan dengan perasa alami seperti ketumbar, daun jeruk, bawang merah, atau lada hitam.

Anda mau tahu cara membuat jamur crispy aneka rasa yang enak? Yuk kita simak bahan dan tata cara mengolahnya di bawah ini.

Bahan:

  • 500 gram jamur tiram
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh baking soda
  • 200 ml air es
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram tepung maizena/tepung kanji
  • 1/4 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 Bungkus bumbu kentang goreng bubuk

Cara membuat jamur crispy aneka rasa:

  1. Jamur tiram dipotong dan yang kuntumnya lebar juga dipotong menjadi seukuran satu suapan.
  2. Bawang putih dihaluskan, kemudian campurkan dengan tepung terigu bahan pencelupnya. Tambahkan merica bubuk, garam, dan sendok teh baking soda.
  3. Buatlah campuran tepung pelapis dengan cara mencampurkan tepung terigu, tepung maizena/tepung kanji, dan garam. Aduk hingga semuanya tercampur dengan rata.
  4. Tambahkan air es sedikit-sedikit ke dalam adonan pencelup sambil diaduk rata hingga tidak ada tepung yang menggumpal kemudian jamur tiramnya dicelupkan satu persatu.
  5. Sesudah dicelupkan ke dalam tepung pencelup, lumuri lagi jamur tiramnya dengan tepung pelapis. Berbeda dengan resep sebelumnya, kali ini lumuri jamur di tepung kering hingga membentuk lapisan yang tipis saja. Setelah itu remas sedikit-sedikit supaya membentuk gumpalan dipermukaannya.
  6. Jamur tiram digoreng dalam minyak panas sampai terendam seluruhnya pas proses penggorengan jangan lupa sambil disiram minyak panas ke permukaan jamurnya.
  7. Kalau warnanya sudah menjadi coklat kekuning-kuningan berarti itu tandanya sudah matang, kemudian angkat dari penggorengan dan tiriskan diatas tisue supaya minyaknya bisa menyerap.
  8. Setelah itu letakkan di dalam wadah yang memiliki tutup yang rapat. Dan taburi bumbu kentang goreng, sambil diaduk-aduk sampai semua bumbunya tercampur dengan rata.

Demikian cara membuat jamur crispy rasa-rasa yang enak. Untuk mengganti bumbu kentang yang instan anda bisa menggunakan bumbu yang alami, berikut beberapa bahan dan cara pembuatannya

  1. Daun jeruk diiris kemudian purut dan dicampurkan dengan adonan tepung pencelup
  2.  Daun bawang perai yang sudah diiris halus kemudian dicampur dengan tepung pencelup
  3. Campurkan tepung pencelup dengan ketumbar bubuk
  4. Jintan bubuk dicampur tepung pencelup
  5. Tepung pelapis dicampur dengan paprika bubuk
  6. Merica hitam dicampur dengan tepung pelapis

Sekilas Tentang Jamur

cara membuat jamur crispy

Usaha pertanian yang saat ini sangat prospektif dan potensial yaitu usaha budidaya jamur tiram atau dalam bahasa ilmiahnya Pleurotus ostreatus. Berikut beberapa pertimbangannya antara lain :

  1. Daya serap pasar sangat tinggi dan semakin meningkat
  2. Bahan baku   mudah diperoleh dan murah
  3. Kebutuhan skill tidak begitu
  4. Belum banyaknya petani jamur tiram
  5. Tidak memerlukan lahan yang luas
  6. Jamur tiram adalah salah satu pangan alternatif yang lezat, sehat dan mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi.

Jenis jamur tiram dikenal pula dengan nama yang cukup populer yaitu Oyster Mushroom dan nama ilmiahnya Pleurotus ostreatus. Bentuk tangkai tudungnya menyerupai cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung dan berwarna putih hingga krem.

Dari bagian tubuh buah ini sendiri mempunyai batang yang berada di pinggir atau dalam bahasa latinnya : pleurotus dan bentuknya sama seperti tiram ostreatus, sehingga jamur tiram ini mempunyai nama binomial yaitu Pleurotus ostreatus.

Jenis jamur tiram ini banyak jenisnya yaitu jamur tiram putih, jamur tiram merah jambu, jamur tiram kelabu,  dan jamur tiram coklat. Tapi jamur yang paling banyak disukai yaitu jenis jamur tiram putih dengan memiliki ciri  warna tudungnya putih susu sampai putih kekuningan dengan garis tengah 5-25 cm.

Manfaat dan Khasiat Jamur Crispy

  1. Pengendali Kolestrol Jahat
    Nilai gizi jamur tiram setara dengan daging. Tapi, yang membedakannya yaitu kandungan kolestrol 0% di dalamnya. Adapun kelebihan dari jamur tiram ini dapat memberi asupan gizi yang cukup tanpa menambah kolestrol jahat pada tubuh.
  2. Meningkatkan Imunitas Tubuh
    Kandungan manfaat jamur tiram satu ini sudah terbukti oleh para ahli kesehatan yaitu kandungan vitamin C yang ada dalam jamur tiram sangat berperan penting dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh dan ada salah satu ahli yang merekomendasikan untuk mengonsumsi tumbuhan ini secara teratur supaya daya tahan tubuh tetap terjaga.
  3. Penghancur Virus Tumor
    Dalam jamur tiram ini terdapat zat besi dan memiliki peranan penting yang dapat membantu pertumbuhan limfosit. Karena senyawa ini berfungsi untuk menghancurkan sel-sel tumor atau virus penyakit.
  4. Sumber Protein Alternatif
    Dalam jamur tiram ini mengandung asam amino yang sangat lengkap dan kandungan proteinnya sanagt tinggi daripada susu sapi yang mencapai 25.2%. Oleh sebab itu, protein pada jamur tiram kering dapat mencapai 10.5-30.4% yang pasti lebih tinggi daripada beras yang hanya 7.3% dan gandum 13.2%.
  5. Mengurangi Resiko Kanker Prostat
    Jamur tiram ini mengandung selenium yang mana sel ini bermanfaat untuk mencegah kanker prostat. Karena dalam suatu penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi 2 kali dalam sehari dapat menurunkan resiko kanker prostat.
  6.  Dapat Mengatasi Liver
    Apabila anda terkena penyakit liver. Salah cara alami untuk untuk mengobatinya yaitu dengan memanfaatkan fungsi dari jamur tiram, yaitu sebagai antibakterial dan antitumor yang mana dari fungsi ini sebagai penawar racun yang terdapatdalam tubuh.

Demikian tadi cara membuat jsmur crispy yang renyahnya bisa tahan lama, apabila mau dijadikan sebagai peluang usaha untuk bisnis jamur crispy dengan berbagai macam varian rasa, produk anda bisa di kemas dengan menggunakan mesin sealer plastik supaya kegurihan jamur crispy anda tetap renyah dan tahan lama.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba dirumah terima kasih 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *