Categories
Uncategorized

Cara Membuat Olahan Pisang Enak

Holla gais bertemu lagi dengan mimin, setelah sebelumnya mimin membahas tentang membuat asinan pepaya sekarang mimin mau berbagi lagi tentang cara membuat olahan pisang yang enak dan tentunya bakal bikin kalian ketagihan.

Buah pisang sendiri mengandung banyak sekali manfaat dan khasiat ketika dikonsumsi secara baik dan rutin, selain rasanya yang enak dan dapat diolah menjadi berbagai macam olahan kuliner, buah ini juga menyimpan berbagai manfaat. Penasaran apa aja? ikutin terus artikel di bawah ini!!!

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

1. Menyeimbangkan Gula Darah

Kandungan pati resistan dan pektin yaitu sejenis serat pada daging pada buah pisang dinilai dapat mengontrol gula darah dengan mengurangi nafsu makan sehingga memperlambat pengosongan lambung. Hal ini sangat bagus bagi kalian yang ingin makan tidak terlalu banyak, dengan makan sedikit nasi dan lauk diikuti dengan makan pisang setelahnya maka rasa kenyang akan bertahan cukup lama.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Mesin pembunuh nomor satu di dunia ini sangat mengerikan tentunya, banyak yang berlomba-lomba menerapkan hidup sehat demi menghindari mesin pembunuh ini. Namun tak perlu risau, beberapa kandungan buah pisang bakal membantu fungsi kerja jantungmu

Memiliki kandungan kalium atau kita kenal juga dengan potasium, kandungan ini bakal membantu menjaga fungsi kerja jantung kalian. Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan mineral elektrolit untuk menjaga aliran listrik dalam tubuh sehingga jantung tetap terus berdetak.

3. Membantu Diet

Karena pisang memiliki zat antioksidan yang sangat kuat, hal ini sangat mendukung bagi kalian yang sedang mengalami program diet. Dengan memperlambat pengosongan lambung agar kalian yang sedang melakukan program diet senantiasa merasa kenyang.

Selain dapat merasa kenyang lebih lama, pisang mengandung serat dan mineral yang tinggi sehingga dapat memperlancar sistem pencernaan dan membersihkan saluran pencernaan dengan serat yang dimilikinya.

 

Wah luamayan mengesankan ya manfaat dari buah pisang ini yang sebenernya masih banyak lainnya tapi kalo mimin jelasin di sini nanti resep dan aneka olahan pisang untuk usaha nya ngga kebahas dong wkwkwk okelah kalo gitu kita langsung menuju ke resepnya dan cara pembuatannya ya cekidottt!!

Cara Membuat Olahan Pisang Enak

1. Pisang Naget Oatmeal

Bahan:

  • 50 gr quick oats
  • 100 gr pisang ambon yang ranum
  • 1 butir telur
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 20 gr tepung terigu
  • 15 gr susu kental manis
  • 4 sendok makan tepung terigu yang dilarutkan ke air

Cara Membuat Olahan Pisang Naget Oatmeal:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas hingga bersih, kemudian masukan pisang tadi dengan semua bahan dengan blender hingga halus
  2. Kemudian kukus adonan tadi selama kurang lebih 15 menit
  3. Jika udah matang, biarkan dingin sebentar kemudian potong dan gulingkan pada larutan tepung terigu dan gulingkan lagi pada quick oats
  4. Setelah semuanya selesai dibalurkan dengan tepung dan quick oats, goreng dengan minyak panas sebentar saja
  5. Jika terlihat udah kecoklatan segera angkat dan tiriskan dan voilaaaa pisang naget oatmealnya udah siap disantap

2. Roti Pisang Pandan

Bahan:

  • 3 butir telur utuh
  • 4 buah pisang raja
  • 1 sendok makan mentega
  • 5 gr tepung maizena
  • 5 gr susu bubuk
  • 1/2 sendok teh pasta pandan
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 50 gr tepung salatiga
  • 40 gr gula pasir putih
  • 1 sendok makan buttercream
  • 15 gr meses
  • 15 gr keju parut
  • 1 sendok teh margarin

Cara Membuat Roti Pisang Pandan:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas hingga bersih
  2. Panaskan oven sampai 210 derajat celcius dan oleskan loyang dengan margarin hingga merata tak lupa juga alasi loyang dengan kertas bakin
  3. Masukkan semua bahan kecuali mentega lalu aduk merata hingga pucat, lembut, dan mengembang 2 kali lipat
  4. Ambil beberapa adonan dan campurkan dengan mentega dan aduk sampai rata dengan sempurna
  5. Jika sudah, satukan adonan tadi dengan adonan yang awal dan aduk kembali hingga benar benar rata
  6. Tuangkan ke dalam loyang sampai kental dan panggang sampai 15 menitan
  7. Selagi menunggu cake nya dingin, tambahkan buttercream ke dalam plastik
  8. Panaskan minyak goreng dan masukkan satu sendok makan mentega serta pisang raja tadi dan goreng sampai terlihat agak kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan
  9. Tunggu sampai dinginn dan bagi cake menjadi 4 bagian lalu taruh pisang di atasnya kemudian semprot buttercream di atasnya dan taburi keju parut, meses lalu tutup lagi dengan pisang sisa
  10. Gulung semuanya dengan rapat atau bisa juga dengan plastik wrap dan masukkan ke dalam kulkas lalu tunggu sampai 1 jam
  11. Jika udah satu jam, keluarkan cake dari kulkas dan potong bagian pinggir lalu potong menjadi 2 bagian. Celupkan bagian sisi pinggir dan biarkan dingin lalu taruh di atas cooking track

3. Roti Pisang Banjar

Bahan:

  • 300 gr pisang kapok yang udah matang
  • 200 gr tepung terigu protein
  • 100 gr gula pasir
  • 400 ml santan hangat
  • 1 butir telur ukuran besar
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1 sendok teh garam dapur
  • Margaris secukupnya

Cara Membuat Roti Pisang Banjar:

  1. Cuci bersih semua pisang dan kupas lalu potong kecil kecil dan sisihkan dulu
  2. Campurkan bahan bahan seperti tepung terigu, garam, gula, telur, vanili dan santan lalu aduk hingga rata
  3. Jika dirasa udah merata, masukkan potongan pisang tadi ke dalam adonan
  4. Ambil cetakan kotak lalu oleskan margarin sedikit demi sedikit pada sisi loyang dan panaskan dengan api kecil
  5. Tuangkan seluruh adonan pisang tadi dan tambahkan beberapa potong pisang yang belum masuk di adonan tadi di atasnya dan tutup loyang atau cetakan
  6. Jangan panggang terlalu lama, jika terlihat udah sedikit mengembang segeralah angkat dan resep kali ini siap disajikan

Itu dia gais ketiga resep yang mimin punya serta juga resep es buah untuk jualan, kalo kalian punya resep andalan yang bisa kalian jadiin andalan bisa banget tuk dishare di sini juga kita adu resep sekaligus berbagi ilmu hahaha selamat mencoba ya gaiss!!