Categories
Uncategorized

Jenis – Jenis Freon AC Yang Canggih

Jenis – jenis freon ac- Air conditioner atau yang biasa disingkat dengan nama AC ini. Merupakan teknologi yang sangat berfungsi untuk mendinginkan ruangan. Apabila dahulu untuk mendinginkan ruangan hanya dengan memakai kipas. Tetapi saat ini telah hadir teknologi yang sangat memudahkan untuk membuat ruangan menjadi lebih dingin.

Jenis-jenis Freon Pada AC Gree

Sama seperti merk AC yang lainnya, AC gree juga memakai freon dalam komponennya. Freon pada AC ini memang tidak sama satu dengan yang lainnya, sebenarnya sudah ada beberapa macam freon, sebut saja tipe R22, R32, dan tipe R410 A. Masing-masing freon tersebut memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing masing.

Freon R22

Freon R22 adalah freon yang mempunyai kandungan HCFC (hydrochlorofluocarbon) yang adad di dalamnya. Kandungan HCFC juga memiliki kandungan klorin yang sangat berbahaya untuk lingkungan, karena kandungan ini bisa merusak lapisan ozon. Oleh karena itu pemerintah akan secepatnya menghapuskan Freon ini dari negara Indonesia.

Freon R32

Meskipun freon R22 ini akan segera dihapuskan, tetapi anda tetap bisa menggantinya dengan Freon yang lain, yaitu dengan freon R32. Freon jenis ini mempunyai angka indeks yang sangat jauh melebihi freon R22, sehingga suhu dalam ruangan yang akan dihasilkan akan lebih dingin.

Freon R410A

Sebagai salah satu solusi supaya tidak merusak lapisan ozon, maka produsen AC kini sudah menciptakan freon baru, yakni freon yang dilengkapi dengan HFC (hydro fluro carbon), HFC dinilai lebih baik dari pada HCFC karena HFC mampu untuk mengurangi pemanasan global. Salah satu Freon yang memakai senyawa tersebut adalah freon R410A.

Cara Mencuci AC

Jenis - Jenis Freon AC Yang Canggih

Berikut ini merupakan cara mencuci AC split untuk unit yang berada di dalam rumah:

Matikan AC terlebih dahulu dan cabut kabelnya dari sumber listrik.
Gunakan alat pembersih AC contoh seperti mesin penyedot debu, kemoceng, atau lap kering untuk menyingkirkan debu tersebut pada bilah-bilah ventilasi dan permukaan luarnya.
Baca buku petunjuk AC Anda agar Anda mengetahui cara melepas dan cara membersihkan filter AC tersebut.
Singkirkan debu tersebut pada filter dengan mesin pengisap debu atau kuas bersih.
Bilas filter AC Anda di bawah aliran air. Apabila sangat kotor, cuci dengan sabun cuci piring cair, contoh seperti Sunlight, kemudian bilas sampai kotorannya luruh.
Keringkan filter di tempat yang teduh tanpa menjemurnya di bawah teriknya matahari.
Pola pikir ini yang membuat kita tidak mau untuk mempelajari hal-hal baru atau hal-hal yang belum kita mengerti. Naaaah, mari kita bahas tentang cara membersihkan AC rumah dengan mudah.

UNIT INDOOR

Alat-alat yang anda butuhkan:

  • Bulu ayam bisa juga kemoceng
  • Kuas kering yang kecil
  • Sikat gigi yang sudah tidak dipakai (jika diperlukan)
  • Lap dengan bahan yang lembut sebanyak 2 lembar
  • Air yang dicampur sedikit sabun cair yang digunakan untuk cuci piring
  • Manual book atau buku petunjuk AC
  • Cairan pembersih untuk AC indoor
  • Kain untuk ngepel
  • Lembaran plastic, ember untuk wadah tetesan air kotor
  1. Bersihkan pada permukaan casing-nya. Pastikan AC dalam keadaan sudah mati. Putuskan aliran listrik dengan cara melepaskan kabel dari stop kontak. Bersihkan sarang laba-laba dan juga debu pada pemukaan casing dengan memakai kemoceng. Pastikan sebelumnya, kemoceng dalam kondisi yang kering dan tidak lembab. Supaya debu tidak menjadi basah dan juga membuat noda pada casing. Bersihkan menggunakan lap dengan sedikit air. Keringkan dengan lap yang kering.
  2. Pada beberapa merk AC, tutup filter AC bisa anda lepas dari casing. Lepaskan lalu cucilah dengan air sabun tadi. Bersihkan lubang-lubang saluran udara pada tutup filter tersebut menggunakan sikat gigi.
    Bersihkan bagian filter AC. Filter AC sebaiknya dibersihkan tiap bulan sekali untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan demi kesehatan anda sendiri. Ikuti petunjuk dari buku petunjuk mengenai cara melepaskan filter AC ini. Setelah dilepaskan, bersihkan gumpalan-gumpalan debu menggunakan kuas kering. Kemudian cuci menggunakan air sabun tadi. Bilas menggunakan air hingga bersih. Keringkan filter AC menggunakan lap kering dan selanjutnya diangin-anginkan di udara terbuka. Setelah kering sempurna, barulah dipasang kembali ke unit AC tersebut.
  3. Bersihkan bilah-bilah pada evaporator. Pastikan melapisi lantai di bawah AC dengan plastik dan juga ember. Kemudian bersihkan evaporator dengan memakai cairan pembersih AC yang sudah banyak dijual di pasaran dan toko. Cairan pembersih ini biasannya disemprotkan ke bagian bilah-bilah AC. Perlu ketelitian agar tepat sasaran. Tutup bagian dengan menggunakan komponen elektronik dengan plastic. Untuk menghindari terkena air atau terkena cairan pembersih. Air kotor akan menetes ke bawah dan juga ditampung oleh ember yang tadi. Setelah selesai, bersihkan lantai di bawah AC dengan menggunakan kain pel.

Cara Memebersihkan Filter

Saatnya untuk pindah ke unit indoor untuk langkah yang ini. Jika anda melepaskan atau anda memasang kembali kisi-kisi depan. Pada unit pendingin dalam ruangan ini. Anda harus bisa melepaskan satu panel jala besar maupun dua panel yang lebih kecil. Panel saringan ini yaitu garis pertahanan utama unit anda. Kepada berbagai nasties udara seperti debu dan juga bakteri. Namun, ini berarti mereka cenderung kotor dan juga tersumbat dengan sangat cepat. Maka perlu untuk dibersihkan lebih teratur daripada bagian lain dari unit ini. Flipside dari ini yaitu bahwa filter merupakan bagian yang paling mudah untuk dibersihkan.

Cara Memperbaiki AC

1. Membersihkan AC

Hal pertama yang bisa teman-teman lakuka jika AC tidak menyala ataupun tidak mengeluarkan angin dingin ialah membersihkannya dari segala kotoran. Debu yang menumpuk bisa membuat freon tersumbat serta bocor, atau kipas tidak bisa berputar dengan baik. Tetapi jika AC masih juga rusak, sebaiknya panggil jasa teknisi karena kemungkinan masalahnya bisa lebih serius dan berkaitan dengan sistem pada AC.

2. Cek Kondisi Kipas

Setelah selesai dibersihkan, cobalah menyalakannya kembali dan jika bisa berfungsi normal, maka tidak perlu memanggil jasa teknisi. Jika AC sudah bersih tetapi tidak juga bisa menyejukkan ruangan, teman-teman bisa memeriksa kipas pada bagian luar.

Nyalakan AC, kemudian lihat apakah kipas pada AC berputar dengan normal, putarannya lemah atau bahkan tidak berputar sama sekali. Jika tak bisa berputar cobalah memeriksa kabel atau kompresor apakah ada yang putus atau terbakar. Sebelum memeriksanya, pastikan teman sudah mematikan AC sebagai pencegah korsleting atau bahkan tersengat listrik.

3.Periksa Keseluruhan

Jika saja kipas angin menyala tetapi kompresor tidak bekerja, cobalah periksa kabel serta soket listrik pada bagian luar AC. Cek apakah ada bagian kabel ataupun soket yang rusak. Cek juga remote controlnya untuk memastikan mode yang dipilih sudah benar. Kipas dan kompresor akan berfungsi jika remote control diatur dalam mode ‘Cool’ ataupun ‘Auto’.

Cara yang terakhir ini sangat simpel bahkan mungkin terkesan sepele, tetapi sangat perlu diperhatikan. Periksa juga sambungan pada kabel listrik diantara bagian dalam serta luar pada AC. Tidak menyala nya AC bisa disebabkan karena terdapat sambungan yang terlepas atau bahkan kendur.

Jika ke-tiga cara semuanya telah dilakukan tetapi AC tidak juga menyala, maka sudah saatnya teman-teman memerlukan bantuan kepada teknisi. Jangan biarkan AC rusak terlalu lama karena akibatnya perbaikan akan lebih sulit serta memakan lebih banyak biaya.

Itu artikel jenis – jenis freon ac yang bisa kita ketahui. Jika teman-teman ingin mencari jasa service ac silahkan membaca artikel berikut Service AC Jogja teman-teman juga akan menemukan spesifikasi lengkapnya disana. Selain harganya murah pelayanannya juga maksimal loh!

Semoga mendapat manfaat dari semua yang sudah saya share di artikel ini, dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita pelajari disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *