Categories
Uncategorized

Jenis Pakan Ternak Yang Menguntungkan

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas jenis makan ternak yang menguntungkan berikut ini pembahasannya.

Jenis Pakan Ternak  Yang Menuntungkan

Jenis Pakan Ternak

 

Ada juga Jenis ternak yang sangat menguntungkan memang sangat ingin bila dipakai untuk usaha beternak baik bisa peternakan atau perikanan.
Namun juga ada banyak pertimbangan untuk usaha yang memungkinkan usaha tidak akan mengalami kendala modal.
Bagi pemula, jenis ternak kecil bisa untuk bisnis sampingan dengan modal yang sedikit akan bisa menjadi pilihan untuk usaha ternak yang menjanjikan.
Karena juga belum tentu ada usaha sampingan ini ternak bisa dipakai dirumah dengan disanding dengan pekerjaan lainnya.
Contoh usaha ini ternak yang mendapatkan dengan modal  yang kecil berarti diharapkan ternak yang cepat menghasilkan banyak uang dibanding ternak lain.
Selain pemilihan pada ternak yang menjanjikan, kita perlu mempunyai kiat usaha dalam beternak agar usaha peternakan kecil tersebut bisa dapatkan berkelanjutan.
Hal yang kita perlu ketahui sebagai calon peternak sukses adalah ternak itu makhluk hidup butuh makanan sehat, perawatan yang baik.

1. Jenis PakanTernak Sapi

Jenis Pakan Ternak

Pakan ternak sapi bisa menjadi faktor penting yang sangat perlu diperhatikan dalam usaha ternak sapi. Karena pakan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan sapi.

Sapi yang biasanya dipakai bertenak yaitu sapi pedaging dan sapi perah. Kedua jenis sapi ini harus di lasih makanan ternak yang sehat agar bisa ceoat pertumbuhannya.

Para peternak sapi biasanya memberi rumput sebagai pakan ternaknya. Namun, juga ada baiknya jika diimbangi dengan pakan ternak sapi fermentasi dan juga pakan ternak sapi.

Karena pemberian jenis makanan sapi akan bisa membantu dalam menambah nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh sapi.

Pakan Ternak Konsetrat

Merupakan jenis pakan yang sudah dicampurkan biasa dikasih kepada hewan ternak, seperti kambing ataupun sapi. Memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi yang baik bagi perkembangan ternak sapi.

Bahan utama pakan ini ternak konsentrat adalah: dedak atau bekatul, pollard, bungkil kopra, dan sebagainya.

Pakan Ternak Rumput

Biasanya para peternak sapi biasa menggunakan rumput sebagai pakan ternaknya.Rumput ini biasanaya di olah memakai mesin pecacah rumput. Ada beberapa jenis pakan ternak sapi dari rumput, yaitu:

  • Rumput lapangan
  • Rumput grinting
  • Rumput tanaman
  • Rumput begala
  • Rumput Kolonjono

Pakan Ternak Fermentasi

Saat ini menggunakan Pakan Ternak Fermentasi dari limbah pertanian. Pakan fermentasi dibuat untuk efisiensi dalam penyediaan pakan.

Selain itu pakan ternak sapi fermentasi bisa juga memakai limbah hijauan dari pakanternak lain. Pakan ternak fermentasi juga sangat baik untuk mendapatkan gizi dan nutrisi dalam hewan ternak.

Berikut ini adalah jenis pakan fermentasi buat untuk sapi. Berbagai bahan-bahan dasar yang bisa memakai bahan pokok pakan ternak fermentasi antara lain:

  • Tangkai jagung kering. Tangakai jagung kering juga bisa dipakai bahan pokok untuk pakan fermentasi. Karena juga ada banyak peternak yang memakai Tangakai jagung kering.
  • Jerami. Jerami memakai salah satu limbah yang juga memiliki keuntungan untuk pakan fermentasi untuk ternak sapi. Jerami adalah salah satu pertanian yang sangat mudah difermentasi.
  • Rumput. Rumput adalah jenis pakan buat ternak sapi, biasanya juga sering untuk dijadikan fermentasi adalah rumput uang sudah tua.

2. Jenis Pakan Ternak Bebek

Ampas Tahu

Ampas tahu adalah bekas buat tahu padat yang berasal dari bubur kedelai yang sudah tidak dipakai lagi dari proses pembuatan tahu.

Sebaiknya di panaskan terlebih dahulu sampai kadar air kurang dari 13% karena yang dikasih untuk pakan bebek biasanya ampas tahu yang basah.

Yang perlu kalian ketahui adalah tempat pakan harus cepat harus berih agar tidak ditumbuhi jamur.

Agar pakan ampas tahu ini agar lebih tahan lama kalian juga bisa melakukan langkah-langkah dengan membuat ampas tahu fermentasi yang nanti nya akan lebih bisa bertahan biasanya sampai dua bulan.

Ampas Tempe

Ampas tempe merupakan limbah dari proses pembuatan tempe. Jenis pakan ampas tempe ini bisa mendapatkan sebagai bahan pakan karena ketersediaan yang cukup melimpah.

Hal ini dikarenakan juga banyak pabrik tempe yang sudah ada di Indonesia. Namun, juga penggunaan pakan jenis ini terbatas karena kandungan serat kasarnya yang sangat tinggi.

Onggok

Onggok merupakan limbah pengolahan singkong menjadi tepung singkong. Penggunaan onggok sangat terbatas dikarenakan kandungan serat yang kasarnya cukup tinggi.

Tepung Bekicot & Keong Mas

Tepung ini juga banyak dipakai sebagai bahan pakan sumber protein alternatif.

Namun, penggunaan tepung bekicot mentah ini maksimal 15%, sedangkan apabila yang direbus terlebih dahulu pemakaiannya dapat meningkat menjadi 20%.

Nasi Kering

Nasi kering merupakan bahan pakan alternatif sumber energi. Jenis nasi kering atau nasi aking akan menjadi nasi yang juga habis dikonsumsi kemudian dikeringkan.

Sebaiknya nasi kering ini jangan berasal dari nasi yang sudah bau atau berjamur karena bebek juga bisa terkena terhadap aflatoksin yang diproduksi jamur mikroskopik.

Indigofera sp

Indigofera sp ialah legum yang bisa menjadi bahan untuk pakan karena memiliki kadar protein yang tinggi.

Penggunaannya sangat terbatas dalam menggunakan pakan karena kandungan proteinnya yang tinggi dan mengandung antinutrien yaitu sebesar 9,35%.

Limbah Tauge

Limbah tauge adalah kulit tauge yang berwarna hijau dan sering ditemui di limbah pasar sayuran.

Jenis limbah ini untuk sebagai bahan pakan yang mendapat protein yang cukup tinggi.

Biji Kecipir

Kecipir adalah tumbuhan merambat yang juga banyak dipakai sebagai sayuran. Biji kecipir juga banyak dipakai sebagai untuk pakan sumber protein alternatif.

Biji kecipir yang berwarna putih juga dapat digunakan dalam jumlah yang banyak. Namun biji kecipir itu yang berwarna cokelat dan merah juga bisa untuk penggunaannya.

Jenis Pakan Ternak Burung

Jenis Pakan Ternak

Ulat kandang adalah salah satu jenis pakan ekstra atau pakan tambahan bagi burung. Meskipun pakan ini masih kalah dibandingkan dengan ulat hingkong .

Namun juga bisa mendapatkan berbagai manfaat dan kandungan gizinya hampir serupa dengan ulat kandang. Dengan kandungan 48% Protein kasar.

Ulat kandang juga mempunyai manfaat yang sama dengan ulat kandang yakni  menambahkan stamina dan birahi burung kicau itu.

1. Menentukan Lokasi Budidaya

Tahapan paling pertama di saat budidaya ulat kandang ini yang ke satu adalah menentukan lokasi budidaya sebagaimana cara ternak jangkrik untuk pakan burung .

Dalam hal ini kalian bisa memakai lokasi ruangan yang tidak terpakai. Lokasi budidaya juga harus di ruangan yang tertutup dan sejuk. Karena ulat kandang tidak menyukai cuaca yang hangat.

Sehingga untuk mempunyai itu semua, anda bisa memakai pendingin udara untuk membuat lolasi budidaya lebih baik.

Lokasi budidaya yang hangat akan menjadi ulat kandang tidak dapat tumbuh dengan baik dan bahkan bisa mengalami kematian.

2. Pembuatan Kandang Budidaya

Pembuatan kandang ini biar dapat pemeliharaan dalam budidaya bisa dilakukan secara intensif. Berikut adalah tahapan yang harus kalian lakukan dalam memakai kandang ulat kandang :

  • Buat kandang dengan bahan teriplek.
  • Ukuran kandang ideal adalah 1×1 meter.
  • Buat dengan ukuran persegi, jika ingin membuat dalam skala yang sangat besar maka buat lah kandang sama dengan ukuran ruangan.
  • Namun biar lebih bagus di beri sekat setiap ukuran 1×1 meter.
  • Pada 1 meter persegi kandang populasi itu ideal kepik atau indukan dalah sebanyak 1 kg.
  • Kalau ukuran kandang kalian lebih kecil atau lebih besar maka sesuaikan populasinya.
  • Bagian dasar kandang kemudoan diberikan polar.
  • Kalian bisa dapat polar di toko pakan hewan yang terdekat.
  • Polar sendiri adalah dedak gandum yang sangat halus pada polar ini akan memakai untuk tempat bertelur indukan ulat kandang.

3. Pemilihan Indukan

Sesudah kandang mulai siap, maka tahapan budidaya selanjutnya adalah memilih indukan sebagaimana cara.

Dalam hal ini maka kalian bisa mencari indukan yang dijual atau jika memang ingin meminimalisir modal maka kalian bisa menangkap sendiri kepik di rumah.

Namun, akan sangat merepotkan sekali sehingga agar lebih simple maka silahkan beli pada toko-toko yang menjual indukan kepik. Sebagai pertenak ada beberapa hal yang harus anda perhatikan,

antara lain sebagai berikut :

  • Indukan kepik harus dalam kondisi sehat.
  • Berukuran yang sangat besar sekali dan seragam serta mempunyai gerakan yang aktif.
  • Warna kulit mengkilap dan tidak kusam.
  • Pastikan hewan indukan itu merupakan yang siap bertelur, sehingga dalam waktu singkat anda akan bisa memakai panen ulat kandang.

Demikian tadi pembahasan tentang jenis makan ternak. Simak juga artikel ini resep keripik belut pedas gila yang spesial. Selamat mencoba dirumah dan semoga dapat bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *