Categories
Uncategorized

Resep Kerupuk Bawang Warna Warni Nikmat Kriukk

 Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana resep membuat kerupuk bawang warna warni. Kerupuk bawang paling cocok dikonsumsi saat santai atau sangat cocok dimakan bersama keluarga. selain daripada itu kerupuk bawang juga sangat cocok dimakan saat sedang makan

Berikut Cara Membuat Resep Kerupuk Bawang Warna Warni

Bahan bahan :
  • 200 gr tepung tapioka
  • Garam
  • Pewarna makanan
  • Bubuk bawang putih
  • Air panas

Cara Membuat Kerupuk Bawang
  1. Masukan tepung tapioka,pewarna makanan (warna merah dan kuning), bubuk bawang putih kedalam wadah yang telah disiapkan kemudian adukrata serta masukkan air panas sedikit demi sedikit ulenin sehingga membentuk adonan yang transparan n solid
  2. Bagin dua adonan kemudian lonjongkan
  3. Masukan air lalu didihkan lalu masukan adonan ke air mendidih
  1. Biarkan adonan hingga mengapung lalu angkat
  1. Adonan jika sudah matang jemur diterik matahari
  2. Stelah kering kemudian angkat lalu potong sesuai selera

  3. Setelah 2 hari proses penjemuran kemudian angkat dan siap digoreng kerupuk bawang warna warni

  4. Selamat mencoba

    Berikut Ini Tips Membuat Kerupuk Bawang Warna warni Yang Enak

    Terlebih Dahulu lelehkan Margarin di Dalam Santan

    Tidak heran kerupuk ini sangat begitu gurih. Ternyata santan digunakan sebagai bahan cair dalam adonannya. Kandungan lemak nabati yang dimiliki pada bawang dapat membuat kerupuk jadi lebih gurih dan harum.

    Pertama-tama, kita tuangkan santan terlebih dahulu sambil melelehkan margarin di dalamnya. Langkah ini bertujuan agar adonan kerupuk bawang warna warni ini nantinya lebih halus, tidak bertekstur crumbly, dan tercampur dengan rata.

    Jangan Gantikan Santan Dengan Air

    Penggunaan santan dapat membuat citra rasa pada kerupuk bawang yang lebih gurih, harum, dan renyah. Hasilnya juga tidak akan begitu keras dan cukup rapuh sehingga siapa saja maupun lansia sekalipun bisa menikmatinya. Hasil seperti inilah yang tidak bisa anda dapatkan kalau anda menggunakan air sebagai pengganti santan.

    Memastikan Semua Bahan Bersuhu Ruang

    Bahan-bahannya, paling utama santan, harus dituangkan ke dalam adonan dalam suhu ruang.  Jika suhu pada api yang tidak tepat akan sangat berdampak pada suatu adonan dan kerupuk yang dihasilkan, yang selanjutnya akan merubah tekstur akhir kerupuk bawang tersebut.

    Gunakan Irisan Bawang untuk Kerupuk Lebih Bertekstur

    Dalam proses pembuatan kerupuk bawang warna warni, anda bisa menghaluskan bawangnya lalu jika sudah campurkan ke dalam adonan. Jika mau kerupuk bawang warna warninya menjadi lebih renyah, kalian bisa pilih untuk mengiris bawangnya tipis-tipis agar semakin gurih dan campurkan ke dalam adonan dan masukan irisan seledri.

    Menggiling Tipis Adonan

    Kerupuk bawang pastinya akan lebih enak dan renyah jika bentuknya tipis, sehingga lebih kriuk. Agar kerupuk bawang warna warni memiliki ketebalan yang sama, tipiskan adonan kerupuk bawang dengan menggunakan alat gilingan mie.

    Jika anda tidak memilikinya, anda juga bisa tipsikan menggunakan  adonan secara manual, memipihkannya bisa dengan rolling pin atau botol kaca. Pipihkan adonan secara berulang ulang kali hingga ketebalanya sesuai dengan yang anda inginkan.

    Menggoreng dan Menyimpan Kerupuk

    Jika ingin kerupuk bawang warna warni anda beraroma sedap dan tidak berbau tengik, gunakan minyak goreng yang masih fresh. Goreng dengan menggunakan api yang kecil hingga sedang sesuai keinginan anda hingga kerupuk bawang telah matang, kering, dan kecokelatan. Segera angkat dan tiriskan.

    Mungkin sekian artikel yang saya berikan kepada anda ataupun anda bisa membaca artikel cara membuat kerupuk bawang jika anda ingin yang lebih rinci mengenai berbagai macam manfaatnya. Semoga bermanfaat terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *