Categories
Uncategorized

Resep Tahu Walik Sederhana

Tahu Walik Merupakan salah satu hasil olahan Tahu. Berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur, Tahu Walik berhasil Mengalahkan olahan Tahu lainnya dan sempat menjadi viral. Kali ini saya akan berbagi Resep Tahu Walik yang simple, sederhana, namun soal rasa, jelas tidak diragukan lagi.

Makanan ini hampir mirip dengan tahu bakso . Namun terdapat perbedaan dari jenis tahu yaitu menggunakan tahu pong atau tahu sumedang yang dibalik, bagian dalam tahu akan di balik ke luar, sedangkan kulit tahu akan ditaruh di dalam. Jadi kulit tahu akan diisi dengan adonan daging ayam atau sapi yang telah disiapkan sementara isi tahu yang berwarna putih berada diluar. Dengan perpindahan posisi tersebut maka dinamakan tahu walik. Dalam bahasa Jawa kata walik berarti di balik. Bisa dikatakan makanan ini merupakan salah satu jenis camilan tradisional.

Camilan ini sangat cocok dihidangkan ketika panas, hujan, kumpul dengan teman-teman, kumpul keluarga dan sangat cocok dihidangkan di berbagai acara seperti arisan, hajatan, pernikahan, pengajian, rapat, dan lain sebagainya. Saat ini, mulai banyak varian tahu walik dengan berbagai jenis bumbu tabur berbagai rasa. Banyak pedagang Tahu Walik yang kita temui menjajakan Tahu Walik dengan Beraneka Ragam Rasa Mulai dari rasa original, rasa rumput laut, pedas, Barbeque sapi panggang, jagung manis, dan lainnya.

Namun Sebelum Kita membahas resep Tahu Walik, Alangkah baiknya kita membahas apa aja sih manfaat Tahu untuk tubuh kita.

Resep Tahu Walik

Tahu sendiri terbuat dari kandungan kedelai yang banyak didapatkan pada tahu, Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan Kementrian Pertanian Republik Inonesia menulis kandungan kedelai terdiri dari , 20 persen minyak, 35 persen karbohidrat larut,40 persen protein dan 5 persen abu.

Itu sebabnya Tahu merupakan sumber Zat Besi dan Kalsium yang baik, serta Tahu menjadi makanan alami yang bebas gula dan rendah kalori.

 

Selain itu anda bisa membaca sarapan bergizi yang mudah yang murah, sehat, dan aman

Bahan:

  • Tahu Pong/Tahu Sumedang/ Tahu goreng Kulit – 12 Buah
  • Daging Ayam  – 250 gram (gr)
  • Tepung Tapioka – 100 gram (gr)
  • Tepung Terigu – 100 gram (gr)
  • Putih Telur – 1 Butir
  • Bawang Putih, Dihaluskan – 3 Siung
  • Daun Bawang, Di Iris Tipis – 1 Batang
  • Merica Halus – 1/4 Sendok Teh (Sdt)
  • Kaldu Ayam Bubuk – 1/2 Sendok Teh (Sdt)
  • Garam – 1 Sendok Teh (Sdt)
  • Gula – 1/2 Sendok Teh (Sdt)
  • Minyak Goreng – Secukupnya

Cara Membuat Tahu Walik:

  1.  Goreng Tahu Sampai Keluar kulitnya, lalu belah menjadi 2 bagian, keluarkan isinya apabila tidak mengg
    unakan tahu pong
  2. Cuci bersih Daging Ayam dari tulang dan kotoran lainnya
  3. Siapkan Blender atau cobek, masukkan daging ayam, putih telur, bawang putih halus, merica, kaldu bubuk, garam dan gula. Lalu aduk rata.
  4. Masukkan Tepung Tapioka dan Tepung Terigu Ke dalam Adonan tadi, Aduk hingga rata
  5. Apakah Rasa Sudah sesuai selera?
  6. Ambil 1 Sdt adonan tersebut, lalu
  7. Masukkan ke dalam tahu yang sudah dibelah menjadi 2 bagian, Lakukan ke semua sampai semua adonan dan tahu sudah habis
  8. Panaskan minyak, lalu masukkan semua tahu yang sudah diisi adonan daging ayam tersebut hingga kuning keemasan, Tiriskan
  9. Hidangkan menggunakan saos sambal ekstra pedas
  10. Selamat Menikmati